Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dwi Ria Latifa Sosialisasikan 4 Pilar di SMA Kartini Batam
Oleh : Roni Yudha Ginting
Selasa | 30-08-2016 | 19:10 WIB
Dwi-Ria-Latifa.gif Honda-Batam

Dwi Ria Latifa, anggota MPR/DPR dari dapil Kepri melakukan sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhine Tunggal Ika (Empat Pilar Kebangsaan) kepada pelajar di SMA Kartini Batam (Foto: Roni Yudha Ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dwi Ria Latifa, anggota MPR/DPR dari dapil Kepri melakukan sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhine Tunggal Ika (Empat Pilar Kebangsaan) kepada pelajar di SMA Kartini Batam, Selasa (30/8/2016).

Sosialisasi yang dihadiri guru, peserta didik dan tamu undangan lainnya, Dwi Ria Latifa mengajak para siswa-siswi yang merupakan generasi muda untuk menjaga NKRI sesuai dengan peran mereka.

Politisi PDI Perjuangan tersebut mengingatkan seluruh peserta akan sejarah Indonesia yang tidak dapat dilepaskan dari peran pemuda. Contohnya Boedi Oetomo (1908) yang ditandai dengan hari Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda (1928) sebagai momentum persatuan dan kesatuan Indonesia dari berbagai suku.

"Bahkan Proklamasi Kemerdekaan yang juga dimotori pemuda," ujar Dwi Ria Latifa.

Kepada peserta didik, ia juga meminta agar mewaspadai sikap-sikap yang menganggap agama dan atau kelompok sendiri yang paling benar yang dapat mendorong permusuhan.

"Sikap ini bertentangan dengan Sila ketiga dari Pancasila yakni Persatuan Indonesia. Juga bertentangan dengan semboyan di Pancasila yaitu Bhineka Tunggal Ika," ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada para peserta sosialisasi agar keaneka-ragaman bahasa, perbedaan agama, etnis dan ras dijadikan generasi muda sebagai realitas kehidupan yang membentuk Bangsa Indonesia yang harus dilindungi dan diakui.

"Generasi muda juga diharapkan akan dapat mendukung pembentukan kebijakan baru yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," ungkapnya.

Editor: Udin