Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pabrik Gambir di Karimun, Terbakar!
Oleh : Nursali
Rabu | 24-08-2016 | 15:24 WIB
terbakar.jpg Honda-Batam

Ilustrasi kebakaran. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Satu buah pabrik atau tempat pengolahan daun gambir (bangsal) di Desa Mukalimus RT02/RW01 Kecamatan Kundur Barat Kabupaten Karimun, terbakar, Rabu (24/8/2016). Tidak ada korban jiwa dari kebakaran tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp200 juta.

Kebakaran tersebut bermula saat salah satu pekerja, Misran tengah memasak daun gambir di Bangsal tersebut. Usai memasak daun gambir, dia beranjak tidur untuk melepas penatnya.

"Saat dia tidur tu, dia bilang dengar suara klakson mobil. Dia pun langsung bangun dan langsung menuju dapur," kata Januari rekan kerja Misran di lokasi, Rabu (24/8/2016).

Setibanya di dapur tempat pengolahan daun gambir tersebut, Misran pun dikejutkan dengan kobaran api yang mulai membesar yang berasal dari tunggu tempat pengolahan daun tersebut.

Apipun katanya lagi dengan cepat membesar akibat hembusan angin saat itu tengah kencang, sehingga, api dapat dengan mudah membakar daun gambir yang siap olah di dalam truk lori yang tak jauh dari dapur bangsal tersebut.

"Cuma tiga meternya jarak antara lori sama dapur tu," katanya lagi.

Melihat api yang telah membumbung tinggi, dirinya pun segera berusaha memadamkan kobaran api. Beruntung, api dapat dikendalikan dengan bantuan mesin air yang ada di lokasi.

"Mesin potong, lori, tungku tempat masak daun gambir juga turut terbakar," tutupnya.

Pihak berwajib pun masih menyelidiki penyebab pasti dari kebakaran tersebut.


Editor: Dardani