Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kanwil DJBC Hibahkan Barang Tegahan ke Panti Asuhan di Karimun
Oleh : Nursali
Selasa | 23-08-2016 | 18:02 WIB
BC-hibahkan-bawang.jpg Honda-Batam

Secara simbolis, Kakanwil DJBC Khusus Kepri, Parjiya menghibahkan barang hasil tegahan berupa barang layak konsumsi kepada Panti Asuhan se Kabupaten Karimun (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Khusus Kepri, hibahkan barang hasil tegahan berupa barang layak konsumsi kepada Panti Asuhan se Kabupaten Karimun.

Kakanwil DJBC Khusus Kepri, Parjiya mengatakan, barang hibahan ini merupakan hasil tegahannya pada 5 Agustus 2016 terhadap kapal KM Syaufi dari Port Klang, Malaysia menuju Bagan Asahan yang memuat 782 BallPress (Pakaian Bekas, Red) senilai Rp.1.59.000.000

Diwaktu yang berbeda tanggal 18 Agustus 2016 terhadap KM Rizky Akbar di perairan Tanjungbalai Asahan dari Batu Pahat, Malaysia ke Bengkalis, Riau, yang memuat barang 23,3 ton bawang merah dengan nilai Rp583.062.500 yang tidak dilengkapi dokumen kepabeanan yang sah.

Bawang merah hasil tegahan Kanwil DJBC khusus Kepri dihibahkan ke panti asuhan se Karimun (Foto: Nursali)

Pada hari yang sama, penegahan juga dilakukannya terhadap kapal KM Uli Jaya dari Port Klang, Malaysia menuju Tanjungbalai Asahan yang membawa 1.524 karung atau 15.27 ton Bawang Merah dengan nilai Rp381.000.000.

"Nah yang kita hibahkan ini berupa bawang merah yang telah diuji kelayakannya dan mendapat persetujuan dari Pengadilan Negeri Karimun," kata Parjiya saat menggelar press release hibah bawang merah dan hasil penindakan ballpres di Perkantoran Kanwil DJBC. Selasa (23/8/2016).

Sedangkan panti asuhan yang menerima barang hibah tersebut yakni Panti Asuhan Ar-Raudah, Panti Asuhan Baiturrahman (Yayasan Darut Taufik), Panti Asuhan Jehovah Jireh, Panti Asuhan Hidayatullah, Panti Asuhan Miftahul Jannah.

Ia mengatakan, selama ini dirinya sering mendengar keluhan dari masyarakat akan barang-barang tegahannya yang selalu dimusnahkan.

"Saya sering dengar itu, kenapa sih harus dimusnahkan, kenapa tidak diberikan kepada kami saja," kata Parjiya lagi.

Instansi terkait turut menyaksikan penyerahan hibah barang hasil tegahan Kanwil DJBC khusus Kepri (Foto: Nursali)

Oleh sebab itu, dengan berkordinasi terhadap pihak terkait, pihaknya menghibahkan barang tegahan berupa barang layak konsumsi untuk masyarakat. "Sedangkan untuk Ballpressnya tetap tidak bisa dihibahkan," pungkasnya.

Editor: Udin