Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satu Tahun Perbaikan, KM Sabuk Nusantara 39 Kembali Arungi Lautan
Oleh : Harjo
Selasa | 23-08-2016 | 10:26 WIB
sabuknusantara.jpg Honda-Batam

KM Sabuk Nusantara 39 siap mengantarkan penumpang ke pulau-pulau di Kepri. (Foto: Harjo) 

BATAMTODAY.COM, Bintan - Setelah hampir satu tahun tak berlayar karena mengalami kerusakan, akhirnya Kapal KM Sabuk Nusantara 39 akan kembali berlayar, mengantar penumpang dengan tujuan ke pulau-pulau yang ada di wilayah Kepri.

Kepala KSOP Cabang Tanjungpinang, Sanggam mengatakan, Kapal Sabuk Nusantara 39 akan segera kembali beroprasi mengantar penumpang antar pulau, seperti ke pulau yang ada di Bintan yakni Tambelan dan lainnya.

"KM Sabuk Nusantara sudah selesai masa perbaikan, kini sedang dalam proses pengurusan izin, kemungkinan besar Rabu (24/8/2016) mendatang sudah sandar di Pelabuhan Sribayintan Kijang," ujar Sanggam di Bintan Timur, Senin (22/8/2016).

Sanggam, menambahkan kapal yang mampu menampung sebanyak 500 penumpang ini, akan dijadwalkan dalam sebulan akan berlayar dan mengangkut penumpang sebanyak dua kali.

"Jadi KM Sabuk Nusantara dalam sebulan akan berlayar dari Pelabuhan Sribayintan Kijang sebanyak dua kali," terangnya.

Kepada masyarakat Bintan, agar tidak lagi menumpang kapal ikan, sebagai trnsportasi untuk ke pulau Tambelan. Selain itu kepada pengusaha yang memiliki kapal ikan agar tidak memberikan izin oran yang akan memanfaatkan kapal ikan sebagai transportasi, karena sangat berbahaya dan beresiko tinggi.

"Setelah KM sabuk Nusantara kembali beropasi, saya minta agar pengusaha ikan, untuk tidak mengizinkan masyarakat yang ingin memanfaatkan kapal ikan ke Pulau Tambelan," tegasnya.

Editor: Dardani