Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Paguyuban Sunda Sadulur Salembur Aksi Tanam Pohon di Waduk Sei Jago
Oleh : Harjo
Minggu | 21-08-2016 | 16:10 WIB
Paguyuban_sunda.jpg Honda-Batam

Keluarga Paguyupan Sunda Dulur Salembur Tanjungpinang-Bintan (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Puluhan Keluarga Paguyupan Sunda Dulur Salembur Tanjungpinang-Bintan melakukan aksi penanaman pohon di wilayah Waduk Sei Jago, Desa Lancang Kuning, Bintan Utara, Minggu (21/8/2016).

Pada kesempatan tersebut, keluarga Sunda Tanjungpinang-Bintan, menanam sebanyak 500 bibit pohon yang diberikan dari Dinas Kehutanan, Pertanian dan Peternakan Provinsi Kepri.

Hari Sapdiansyah, Ketua Paguyuban Sunda Tanjunguban kepada BATAMTODAY.COM, mengatakan, aksi penghijauan yang dilakukan di bagian sisi Utara Waduk Sei Jago ini merupakan aksi lanjutan yang sudah dilakukan oleh pihaknya. Untuk tahap awal lalu sudah ada 1.500 bibit yang ditanam dan hari ini ada 500 bibit yang kembali di tanam.

"Aksi yang dilakukan karena melihat kondisi waduk yang cukup memprihatinkan. Waduk ini yang merupakan sumber terbesar air bersih di Tanjunguban, kondisinya perlu dihijaukan. Karena sumber mata air sudah mulai menurun akibat kondisi hutan yang sudah gundul akibat pembalakan liar," ungkapnya.

Aksi penanaman pohon ini, akan ada terus berlanjut. Karena ditargetkan penanaman pohon hingga 6.000 pohon hingga akhir tahun 2016.

"Berbagai macam pohon seperti Trembesi, Mahoni, Pucuk Merah dan masih banyak lagi ditanam. Kami ingin lokasi ini kembali hijau dan dapat menjadi wilayah resapan air yang baik dan mampu menjadi penopang kebutuhan air di daerah ini ," ujarnya.

Kholili Buyami, Kepala Desa Lancang Kuning, kecamatan Bintan Utara, sangat menyambut baik aksi Paguyuban Keuarga Sunda Tanjungpinang Bintan. Karena kondisi hutan di wilayahnya, memang cukup kritis akibat penebangan hutan dan kebakaran hutan.

"Kami harapkan apa yang dilakukan saat ini, menjadi motivasi bagi pihak lainnya. Lebih dari 2.000 pelanggan PDAM Tirta Kepri Tanjunguban bergantung pada waduk ini. Apalagi sekarang waduk diperluas menjadi 2 kali lipat dari sebelumnya, dipastikan akan lebih banyak lagi pelanggan yang membutuhkan," sebutnya.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir Asep Nurdin yang merupakan sesepu Paguyuban warga Sunda Tanjungpinang Bintan yang juga anggota DPRD Kepri, Arga Permadi yang merupakan ketuab panitia penghijauan yang juga pimpinan Batam Pos serta puluhan warga Sunda dari Tanjungpinang dan Bintan.

Editor: Surya