Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Emas Dunia Turun

Transaksi Emas di Tanjungpinang Sepi
Oleh : Sofi/Dodo
Rabu | 14-09-2011 | 09:45 WIB
Transaksi_penjualan_emas_di_Kota_Tanungpinang.jpg Honda-Batam

Transaksi penjualan emas di Kota Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, batamtoday - Terjadinya penurunan harga emas dunia saat ini, ternyata berdampak pada transaksi jual beli emas oleh masyarakat di Tanjungpinang. Hal itu terlihat dari sepinya transaksi di sejumlah toko emas di kota Tanjungpinang pada Rabu (14/9/2011).

Jika sebelumnya harga emas kuning berkadar 24 karat dibandrol Rp410 ribu per gramnya, saat ini mengalami penurunan menjadi Rp405 ribu sedangkan harga emas putih yang sebelumnya Rp490 ribu saat ini hanya Rp475.000 per gramnya.

Menurut Henry salah seorang pemilik toko dan penjual emas di Jalan Gambir Tanjungpinang. Kendati harga emas saat ini mengalami penurunan 2 hingga 3 persen dari harga biasanya, namun tetap saja tidak mampu mendongkrak minat beli masyarakat.

"Sebaliknya, penurunan ini harga ini, sangat berdampak pada nilai penjualan emas yang dilakukan konsumen untuk sebuah kebutuhan yang saat mendadak. Kecuali sejumlah kolektor emas memanfaatkan massa penuruanan harga emas ini, dalam memburu koleksi perhiasanya," terangnya.

Sedangkan untuk nilai jual konsumen, dengan penurunan 2 sampai 3 persen, akan dikurangi 20 persen dari harga beli toko pnjualan untuk emas putih, sedangkan emas kuning nilai jual konsumennya akan dikurangi 8 sampai 10 persen dari harga beli toko.

Hendry juga mengatakan, minimnya pembeli emas saat ini dipengaruhi kondisi dan keperluan dana dari masyarakat, yang mana meningkatnya kebutuhan finansial dalam pembiayaan pendidikan serta keperluan lain seiring berlalunya hari raya Idul Fitri.