Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wanita Ini Hidup Sehat dengan Ginjal Berusia Satu Abad
Oleh : Redaksi
Kamis | 11-08-2016 | 10:02 WIB
westheadbysuewesthead.jpg Honda-Batam

Setiap hari Sue meminum 20 pil agar ginjal ibunya tersebut tidak ditolak tubuhnya. (Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM, London - Seorang wanita di Inggris yang bertahan hidup dengan ginjal berusia 100 tahun mengatakan ginjal ini panjang umur karena berasal dari seseorang garis keturunan yang baik. Sue Westhead berusia 25 tahun ketika didiagnosis berpenyakit ginjal pada tahun 1973.

 

Ketika diberitahu pencangkokan adalah satu-satunya cara yang memberikan kesempatan untuk hidup, ibunya, Ann Metcalfe, saat itu berumur 57 tahun, menyumbangkan ginjalnya untuk anak perempuannya itu.

Sekarang Sue, 68 tahun, dan ginjalnya tetap sehat, mematahkan perkiraan kedokteran tentang masa hidup ginjal. "Saya pikir ini karena gen ibuku yang sehat. Dia pasti berasal dari keturunan yang baik," kata Sue.

Wanita dari Houghton-le-Spring, County Durham, hanya memiliki 10% fungsi ginjal normal saat didiagnosis. "Saya nyaris tidak bisa berjalan, warna saya berbeda, sebelumnya saya kuning dan tiba-tiba menjadi merah muda bercahaya,".

"Ibu saya benar-benar memberi saya kehidupan karena jika tidak saya tidak bisa hidup lebih lama," katanya.

Dokter biasanya memperkirakan usia cangkok sepanjang 20 tahun, sementara ginjal Sue yang berasal dari ibunya itu ditransplantasi 43 tahun lalu.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani