Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Interkoneksi Listrik Babin Dipertanyakan

Pemadaman Bergilir di Tanjungpinang Tak Sesuai Jadwal
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 09-08-2016 | 08:50 WIB
Ilustrasi-Mati-Lampu.jpg Honda-Batam

Ilustrasi mati lampu. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Sejumlah warga di Tanjungpinang kembali mengeluhkan aliran listrik yang byerpet. Pemadan listrik di kota Tanjungpinan itu terkesan dilakukan sesuaka hati oleh PT PLN dan tidak sesuai dengan jadwal pemadaman yang telah mereka diumumkan sendiri.

Bahkan, warga menyebut, pemadaman listrik di Tanjungpinang dalam lima hari terakhir, hampir terjadi sampai lima kali dalam waktu 24 Jam.

"Katanya interkoneksi 20 KV listrik Batam sudah tersambung, tapi kok listrik dalam sehari bisa mati hingga 5 kali, kenapa ya?" begitu Salmiah, salah seorang warga Tanjungpinang, mempertanyakan interkoneksi listrik Babin kepada BATAMTODAY.COM.

Sementara itu, anggota DPRD Kepri, Rudi Chua juga mengeluhkan pemadaman listrik PLN tanpa aturan tersebut. Bahkan, kondisi mati lampu berkali-kali dalam satu malam. Pagi hari ini sudah berlangsung dalam 5-6 hari, dan pemadaman ini memang tidak beraturan, sebagaimana jadwal pemadaman yang diumumkan PLN dalam perbaikan jaringan.‎

"Saat kita tanya pada PLN apa masalahnya, hanya dijawab, iya pak ini kami sedang cari kendalanya, hingga kadang membuat kita kurang enak," ujar Rudi Chua. ‎

Politisi Hanura Kepri ini juga mengatakan, selain mengganggu aktivitas dan ekonomi, PLN juga terkesan tidak dapat memberikan jawaban yang jelas dengan kondisi listrik dan pemadaman yang terjadi. ‎

Selain itu, tambah Rudi, dari keterangan PLN, kawasan Km IV hingga Km VIII Tanjungpinang dikatakan pihak PLN merupakan daerah penyulingan jati, listriknya dispulai dari Interkoneksi Listrik Batam 20 KV.

"Permasalahanya, apakah listrik ini mati akibat kerusakan mesin di Batam, atau slot penyambungan kabel yang dipasang belum sepenuhnya sempurna, lantas apa solusi dari PLN," ujar Rudi bertanya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT.PLN (Persero) Tanjungpinang Arimunanto, yang dikonfirmasi dengan keluhan warga serta kondisi listrik Tanjungpinang yang sering padam ini, belum memberikan jawaban, konfirmasi BATAMTODAY.COM juga belum dijawab Arimunanto.

Editor: Dardani