Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tarif Pass Pelabuhan Domestik Karimun Segera Naik, Ini Besarannya
Oleh : Nursali
Jum'at | 29-07-2016 | 16:10 WIB
Pelabuhan-Karimun.gif Honda-Batam

Pelabuhan Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun - PT Pelindo I cabang Tanjungbalai Karimun akan menaikkan tarif pass pelabuhan domestik sebesar Rp7 ribu. Kenaikan ini dilakukan setelah pihaknya meremajakan dan menambah beberapa fasilitas dipelabuhan tersebut.

Selain telah memperbaiki fasilitas di pelabuhan domestik, kenaikan ini juga dilakukan atas dasar kesepakatan dengan pemda setempat beberapa waktu lalu.

"Kemarin kan perjanjiannya sebelum menaikkan tarif pass pelabuhan, kita diminta untuk memperbaiki pelabuhan dahulu," kata General Manager PT Pelindo I Tanjungbalai Karimun, Syahri Ramadana, Jumat (29/7/2016).

Pihaknya juga terus melakukan renovasi di segala sisi dan melengkapi fasilitas di ruang tunggu pelabuhan tersebut seperti AC, TV, kursi dan pemisahaan antara ruang tunggu dengan kantin serta beberapa fasilitas lainnya untuk menunjang kenyamanan para calon penumpang.

Bahkan, katanya lagi, beberapa pelabuhan domestik yang berada di Kabupatan/Kota se Provinsi Kepulauan Riau tidak terdapat fasilitas seperti yang dimiliki oleh pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun, namun untuk tarifnya pelabuhan yang dimaksud dikenakan Rp5 ribu.

"Kita telah melayangkan surat kepemerintah setempat untuk kenaikan ini. Nanti kemungkinan akan dibahas bersama-sama di Kantor DPRD," katanya lagi.

Terpisah, Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengakui jika pihaknya telah menerima surat pemberitahuan seperti yang dimaksud oleh PT Pelindo.

"Saya sudah terima suratnya, secepatnya kita akan bahas ini di dewan nanti untuk menentukan tarif tersebut," kata Rafiq.

Di samping itu, salah satu tokoh masyarakat Karimun, Datuk Azman Zainal mengatakan bahwa pada dasarnya masyarkat Karimun tidak keberatan jika Pelindo menaikkan tarif pass pelabuhan sepanjang tarif yang ditentukan sesuai dengan pasilitas di ruang tunggu tersebut.

"Masa beli tiket aja mampu, beli pass pelabuhan nggak," ujarnya.

Editor: Dodo