Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Final Pertama Piala AFF 2010

Pakai Laser, Malaysia Tembak Indonesia 3-0
Oleh : Tunggul naiabho
Minggu | 26-12-2010 | 22:05 WIB

Bukit Jalil, batamtoday - Dengan menggunakan laser, Tim Malaysia berhasil mengalahkan Tim Indonesia 3-0 pada final pertama piala AFF  2010 yang berlangsung di Bukit Jalil, Malaysia, Minggu (26/12).

Satu menit setelah insiden laser, Norshahrul Idlan Bin Talahaoleh memberi umpan matang kepada striker Safee Bin Mohd Sali di kotak penalti, dan berhasil diselesaikan dengan baik, Malaysia ungggul 1-0, pada menit ke 61.

Sejak ketinggalan 1-0 permainan Timnas Indonesia jadi kacau balau, sebaliknya permainan Malaysia semakin menggila, dan pertahanan Indonesia dibuat kocar-kacir. Dan hasilnya, dalam 2 X 6 menit terjadi dua gol secara berturut-turut, sehingga memastikan kemenangan Malaysia atas rival utamanya Indonesia dengan skor telak, 3-0.

Pada menit ke 67 pemain pengganti Malaysia, Mohamad Ashari Bin Samsudin, berhasil mencetak gol kedua melawan Indonesia yang membuat timnya unggul 2-0. Gol diawali dari akselrasi Mohd Safee Bin Mohd Sali di sisi kanan yang melepas umpan. Bola membentur pemain Indonesia dan langsung disambar Mohamad Ashari Bin Samsudin

Selang 6 menit kemudian, kembali Safee menceploskan bola ke gawang Indonsia yang dijaga Markus dengan tandukan terarah menyambut umpan Mahalli bin Jasuli.


Insiden Laser

Pada menit ke 55 Malasysia mendapat tendangan bebas di sayap kiri pertahanan Indonesia, jaraknya sangat ideal, sedikit di luar kotak penalti. Ketika bola ingin ditendang, penjaga Indonesia memprotes seraya menunjuk ke arah tribun penonton, dimana tembakan sinar laser mengarah ke dirinya. Kejadian serupa juga terjadi pada menit-menit awal babak pertama, namun Markus masih mendiamkanya. 

Namun kali ini, Markus menolak melanjutkan pertandingan sampai sinar laser itu berhenti membidik menembak matanya.

Wasit Toma Masaaki menerima protes Markus dan akhirnya memungut bola dan menghentikan pertandingan untuk sementara. Pertandingan baru dilanjutkan setelah tembakan sinar laser menghilang. Pertandingans empat terhenti selama 5 menit.

Pertandingan dilanjutkan, dan pada menit ke 61, umpan bola dari pemain Malaysia di sayap kiri pertahanan Indonesia nampaknya sepertinya akan keluar, sehingga bek Indonesia Maman Abdurahman mencoba mengawalnya saja dari incaran pemain Malaysia Norshahrul Idlan Bin Talahaoleh, yang tetap mengejar walau bola nampak akan keluar.

Namun Maman ceroboh, mengawal bola tidak lengket dan ketat, dan pada saat yang tepat, Idlan berhasil mencuri bola itu lalu menggiringnya sehingga berhadapan dengan Markus dari sudut sempit kiri gawang Markus. Idlan tidak menembaknya langsung, tetapi mengumpankanya kepada Safee yang berdiri bebas pas di depan gawang Markus, dan dengan tendangan cukup keras Saffe menjebol gawang Indonesia, dan Markus hanya menagkap angin.

Setelah kalah dari Malaysia dengan selisih 3 gol, maka leg kedua bagi Malysia di stadion Gelora Bung Karno, tentu menjadi ringan, karena Indonesia harus bisa menang 4-0 tanpa balas.

Adapun susunan kedua Tim:

Malaysia: Khairul Fahmi; Asrarudin, Safiq, Norshahrul Idlan, Mohd Safee (Mohd Amri 81), Amar Bin Rohidan, Kunanlan Subramaniam, Mahalli Bin Jasuli (Mohd Sabre 90),  Mohd Amirulhadi (Mohamad Ashari 53), Mohamad Muslim, Mohamad Fadhli

Indonesia: Markus, Zulkifli, Maman, Hamzah, M.Nasuha; M.Ridwan, Firman, Bustomi, Okto (Arif Suyono 72); Gonzales (Bambang 90), Yongki (Irfan 65)