Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terungkap, Rencana Serangan Teror di Olimpiade Rio
Oleh : Redaksi
Jum'at | 22-07-2016 | 09:26 WIB
brasilbyafp.jpg Honda-Batam

Aparat keamanan melakukan pengecekan kendaraan di kompleks perkampungan atlet di Rio. (Foto: AFP)

BATAMTODAY.COM, Rio - Polisi federal di Brasil pada hari Kamis (21/7/2016) menahan sepuluh orang yang dicurigai merencanakan kemungkinan serangan terorisme saat berlangsung Olimiade di Rio, yang dibuka dua pekan lagi. Para tersangka, semuanya berkewarganegaraan Brasil, diindentifikasi melalui pesan-pesan di media sosial.

 

Mereka diduga mengeluarkan dukungan terhadap kelompok yang menamakan diri Negara Islam yang sebelumnya lebih dikenal dengan ISIS dan beberapa serangan yang terjadi belum lama ini di Eropa.

Kementerian Kehakiman mengatakan para tersangka membahas pelatihan dan pembelian senjata di negara tetangga, Paraguay. Namun belum ada bukti bahwa mereka telah berhasil membeli senjata.

Menteri Kehakiman, Alexandre de Moraes, mengatakan langkah kepolisian adalah tindakan preventif. Penangkapan dilakukan di negara bagian Parana, Brasil selatan, yang berbatasan dengan Paraguay.

Pemerintah federal pekan lalu mengatakan mengeluarkan tambahan dana US$24 juta untuk memperkuat pengamanan selama Olimpiade.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani