Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cuaca Buruk Kapal Tugboat Karam di Karimun
Oleh : Nursali
Sabtu | 16-07-2016 | 08:00 WIB
tuboatkaramdikarimun.jpg Honda-Batam

Para ABK Tugboat Cakra Lima saat dievakuasi petugas. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Akibat cuaca buruk dan tingginya gelombang yang mencapai 4 hingga 5 meter pada Jumat (15/7/2016) mengakibatkan satu unit kapal tugboat yang diawaki 6 orang ABK (anak buah kapal) termasuk nahkoda, karam di perairan Karimun. Tepatnya, di perairan Pulau Karimun Anak pada koordinat  01°10.3762N Utara 103°24.7038E Timur, sekitar pukul 10.30 WIB.

 

Tenggelamnya kapal Tugboat Cakra Lima tersebut dilaporkan oleh petugas TNI AL yang berjaga di pulau Tokong Hiu kepada Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Bina Irawan Marpaung yang kemudian berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan, Basarnas Karimun dan beberapa instansi lainnya untuk menyelamatkan seluruh krue kapal tersebut.

"Kita menerima laporannya setelah sholat jumat tadi. Setelah kita koordinasi dengan instansi terkaut, kita langsung menuju lokasi," kata Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Bina Irawan Marpaung kepada pewarta di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun, usai mengevakuasi krue kapal Tugboat Cakra Lima.

Saat tiba di lokasi kejadian, dirinya menemukan seluruh body kapal Tugboat Cakra Lima telah karam diterjang ombak, berubtung seluruh awak kapalnya berhasil selamat dengan cara berpindah ke tongkang yang mereka bawa.

"Tongkangnya masih terapung, Nahkoda serta ABK ada diatas tongkang tersebut," Katanya lagi.

Pigaknya pun langsung mengevakuasi 5 ABK dan 1 orang nahkoda yang berada diatas tongkang tersebut dan membawa mereka langsung ke pelabuhan Domestik untuk mendapatkan perawatan medis di kantor kesehatan pelabuhan (KKP).

"Semuanya dalam kondisi selamat," pungkasnya.

Editor: Dardani