Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anda Mengalami Migrain? Cegah dengan Asupan Makanan Ini
Oleh : Redaksi
Selasa | 12-07-2016 | 18:22 WIB
migrain.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Saat migrain menyerang, rasanya tak ada obat pereda sakit kepala yang dijual bebas di pasaran yang bisa meredakan rasa sakit dari kepala yang seperti berputar-putar disertai dengan visualisasi yang memusingkan.

Sementara beberapa makanan dan minuman seperti keripik kentang, produk susu dan kafein bisa memperburuk sakit kepala, ada juga beberapa makanan yang punya kekuatan membantu mencegah kambuhnya migrain seperti yang ditulis dalam buku Eat for Extraordinary Health & Healing.

1. Sayuran hijau gelap
Salah satu saran yang terus diulang oleh orang tua kita adalah makan sayur yang banyak terutama yang berwarna hijau gelap, dan memang seharusnya begitu. Bayam, kale, kangkung, bit hijau, dan selada hanya beberapa contoh sayur yang bisa mengurangi insiden migrain migrain kronis.

2. Kacang-kacangan
Makan segenggam kacang favorit Anda pada saat sakit kepala menyerang. Penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan magnesium. Orang dengan migrain diketahui memiliki kadar magnesium yang lebih rendah dibanding bukan penderita migrain. Ada studi yang menunjukkan bahwa frekuensi serangan migrain berkurang lebih dari 41 persen pada mereka yang menerima suplemen magnesium.

3. Daging merah
The National Headache Foundation merekomendasikan agar penderita migrain menjauhi daging olahan seperti sosis dan daging asap karena bisa memperburuk kondisi. Tapi makan daging alami dari sapi yang hidup bebas di padang, rumput bisa menjadi solusi untuk sakit kepala Anda. Daging merah kaya akan CoQ10, senyawa alami dalam tubuh, serta vitamin B2. Keduanya telah disahkan sebagai pencegah migrain oleh The American Academy of Neurology dan Canada Headache Society.

4. Telur
Vitamin B memainkan peranan yang cukup besar dalam pencegahan dan pengobatan migrain. Ribofalvin atau vitamin B2 dosis 200 atau 400 miligram perhari telah terbukti efektif dalam mengurangi frekuensi, intensitas, dan durasi sakit kepala. Dua telur besar mengandung 24 persen nilai harian riboflavin yang dianjurkan oleh National Institutes of Health.

5. Biji-bijian
Salah satu obat sakit kepala yang paling sederhana adalah makan biji-bijian. Hipoglikemia, atau tingkat gula darah rendah, telah dikenal sebagai pemicu sakit kepala. Untuk mencegah hipoglikemia, makanlah karbohidrat kompleks dan serat seperti biji-bijian gandum barley, bulgur, gandum utuh, quinoa, dan farro.

6. Ikan air dingin

Sebuah studi menemukan bahwa peningkatan konsumsi omega-3 yang dibarengi penurunan konsumsi omega-6 dapat membantu mengurangi frekuensi migrain secara signifikan. Tingkatkan asupan omega-3 Anda dengan mengonsumsi ikan air dingin seperti salmon, herring, halibut, mackerel, sarden dan tuna.

Sumber: meetdoctor.com
Editor: Dodo