Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebelum Meninggal, Husni Kamil Manik Menulis Surat Al Imran Ayat 159 di Twitternya
Oleh : Redaksi
Minggu | 10-07-2016 | 10:30 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta -Ketua KPU Husni Kamil Manik tutup usia dalam usia 41 tahun pada Kamis 7 Juli 2016 sekitar pukul 21.00 WIB di RSPP Jakarta. Kematiannya dinilai tidak wajar dan ada dugaan ketua KPU itu sengaja di racun untuk menutupi skandal besar yang sedang terjadi.

Sebelum meninggal, melalui akun Twitter-nya @husnikamilmanik, dia sempat mencuit atau menuliskan kata-kata yang diambil dari Alquran Surat Ali Imran ayat 159.

Husni Kamil Manik menuliskan sebagian isi ayat tersebut, tepat di bagian akhirnya, yang berbunyi: "Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkal lah kepada Allah".

Tweet itu ditulis Husni Kamil Manik empat hari lalu, atau tiga hari sebelum dirinya jatuh sakit dan dirawat di RSPP.
Kicauan Husni Kamil Manik tentang ayat suci Alquran memang sebulan lebih terakhir ini menghiasi dinding akunnya. 

Di mata rekan kerjanya, almarhum dikenal sosok yang senantiasa mendengar segala macam jenis masukan dalam menata demokrasi di Indonesia. 

Adapun Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengungkapkan bahwa mantan Ketua KPU Sumatera Barat itu masuk rumah sakit pada Rabu 6 Juni lalu.

Husni menjalani perawatan di RSPP pada Kamis pagi dan dinyatakan meninggal dunia oleh dokter RS sekitar pukul 21.07 WIB. Ketua KPU ini meninggalkan satu orang istri bernama Endang Mulyani dan tiga anak.

Husni Kamil Manik lahir di Medan, Sumatera Utara pada 18 Juli 1975 dan pernah menjabat sebagai anggota KPU di Sumatera Barat selama dua periode, yakni 2003-2008 dan 2008-2013.

Saat muda, Husni Kamil Manik aktif dalam berbagai kegiatan politik dan berpengalaman sebagai pemantau pemilu sejak lulus kuliah di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.

Editor: Surya