Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Lebaran, Ditemukan Cacing di Hati Sapi
Oleh : Redaksi
Sabtu | 02-07-2016 | 12:02 WIB
sidak-daging-sapi-di-pasar.jpg Honda-Batam

Petugas memeriksa hati sapi di salah satu lapak pedagang di Pasar Kartasura, Sabtu (2/7/2016). (Sumber foto: Kompas.com)

BATAMTODAY.COM, Sukoharjo - Petugas gabungan menemukan hati sapi bercacing di lapak pedagang di Pasar Kartasura, Sukoharjo, dalam inspeksi mendadak yang digelar Sabtu (2/7/2016) dini hari.

Petugas kemudian meminta pedagang untuk tidak menjual hati sapi bercacing tersebut untuk konsumen.

Di salah satu los daging sapi di Pasar Kartasura, petugas gabungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Satpol PP Pemkab Sukoharjo, mendapati dua kilogram hati sapi bercacing yang masih tersimpan di dalam plastik.

Menurut Sugeng, pemilik kios itu, hati sapi tersebut berasal dari Ampel, Boyolali, Jawa Tengah.

"Itu saya dapat dari daerah Ampel, Boyolali, mas, dan belum saya buka, jadi ya belum tahu ada cacingnya atau tidak," kata Turasih.

Petugas merasa curiga dengan kondisi hati sapi yang masih tersimpan di dalam plastik itu. Saat petugas mengiris hati tersebut, beberapa ekor cacing langsung keluar.

Petugas pun segera meminta kepada pedangang untuk mengembalikan hati tersebut ke rumah pemotongan hewan (RPH) di Ampel.

"Kita minta kepada pedagangnya agar tidak menjual dan mengembalikan ke RPH-nya. Karena itu sudah tidak layak di konsumsi," kata Drh Ngatmini, petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo.

Dalam sidak tersebut, petugas juga memantau kondisi harga daging sapi yang dijual di Pasar Kartasura.

Sulastri, salah satu pedagang daging sapi, mengatakan harga saat ini berkisar antara Rp100-110 ribu rupiah per kilogram.

"Sekarang 100 ribu (rupiah) per kilonya, dan mungkin masih bisa naik lagi," kata Sularsih. (Sumber: Kompas.com)

Editor: Udin