Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tumpukan Sampah Kian Parah

Di Batuaji, Jalan Raya Bagaikan Tong Sampah
Oleh : Gokli/Dodo
Selasa | 06-09-2011 | 11:56 WIB
Tumpukan-Sampah.gif Honda-Batam

Tumpukan sampah di Batuaji.

BATAM, batamtoday - Persoalan sampah di Kota Batam kian menjadi. Sampah mulai menumpuk dimana-mana, seperti di daerah Batuaji khususnya di berbagai Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di kawasan permukiman warga.

Pantauan batamtoday di daerah Batuaji dan sekitar pada umumnya penumpukan sampah ini terjadi di TPS namun kepadatan sampah sudah berserakan ke badan jalan.

Di Perumahan Griya Batuaji Asri, Sagulung. Diperkirakan, sampah itu sudah bertonase  hingga puluhan ton. Bahkan, jalan raya jadi 'tong sampah' yang sangat panjang.

"Sampah ini sudah menumpuk hampir dua minggu, bahkan sudah mengeluarkan bau busuk," ujar Simon Siburian, warga Saguba, Selasa, 6 September 2011.

Tumpukan sampah ini sudah meresahkan banyak warga, lantaran baunya sudah busuk dan menimbulkan pemandangan yang tak sedap.

"Seminggu lagi tak diangkat, sampah ini sampai ke depan kantor camat sana. Karena semua sampah-sampah dibawa ke sini. Ini sampah dari belasan ribu rumah. Harusnya, sekali sehari ada mobil yang mengangkatnya. Sekarang, dalam seminggu saja belum tentu ada," ujar Rapim, seorang warga sambil menunjuk Kantor Kecamatan Sagulung yang letaknya hanya puluhan meter dari tumpukan sampah.

Sementara itu, seperti diberitakan kemarin, menumpuknya sampah di berbagai wilayah Kota Batam dikarenakan Pemko Batam terkendala dalam masalah pengangkutan lantaran anggarannya telah habis per 31 Agustus 2011 kemarin.

"Kita masih gelar proses lelang pengangkutan sampah," kata Salim, Kabag Humas Pemko Batam,

Sedangkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam sendiri melalui Azwan, sang kepala dinas, bungkam dan buang badan terkait persoalan sampah ini.