Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RT dan RW Merupakan Ujung Tombak Pelayanan Masyarakat
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 30-06-2016 | 11:26 WIB
zakat-mal-ok.jpg Honda-Batam

Apri Sujadi turut menyerahkan zakat mal kepada 10 penerima, serta bantuan dari Baznas kabupaten bintan di mesjid Al-hikmah (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadan, Bupati dan Wakil Bupati Bintan bersama masyarakat kecamatan Seri Kuala Lobam menggelar berbuka puasa bersama, Selasa (28/6/2016).

Kegiatan safari Ramadan kali ini, Bupati dan Wakil beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Bintan, mengunjungi Mesjid Al-Hikmah Desa Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam. Sedangkan untuk salat tarawih bersama dilaksanakan di Masjid Ar-Raudhah, Kelurahan Tanjung Permai, Kecamatan Seri Kuala Lobam.

Pada kesempatan itu, baik pengurus mesjid Al-Hikmah maupun mesjid Ar-Raudhah, menyambut sekaligus menyampaikan ungkapan terima kasih atas kesempatan mengunjungi warga desa Teluk Sasah, dan duduk bersama sambil berbuka puasa. Tentunya ini disambut dengan kegembiraan oleh masyarakat setempat yang tampak antusias menghadiri safari Ramadan tersebut.

Sebelum menyampaikan sambutan, Bupati Bintan Apri Sujadi terlebih dahulu menyerahkan insentif RT RW serta biaya operasional LPM. kemudian diserahkan juga bantuan operasional mesjid sebesar Rp5 juta dari Pemerintah Kabupaten Bintan dan dari dana CSR Bank Riau Kepri, PD. BPR Bintan serta Bank BNI 46. Selain itu Apri Sujadi turut menyerahkan zakat mal kepada 10 penerima, serta bantuan dari Baznas kabupaten bintan di mesjid Al-hikmah.

Sedangkan untuk mesjid ar-raudhah, diberikan bantuan operasional mesjid sebesar 3 juta rupiah dari pemerintah kabupaten bintan dan dari dana CSR Bank Riau Kepri, PD BPR Bintan serta Bank BNI 46. Serta penyerahan zakat mal kepada 10 penerima.

Dalam sambutannya dihadapan masyarakat, Apri Sujadi menyampaikan harapan semoga insentif yang diterima para ketua RT dan RW bermanfaat.

Sebagai Kepala Daerah, Apri mengetahui betul bahwa RT/ RW merupakan ujung tombak pelayanan masyarakat, yang langsung menyentuh masyarakat. Tugas yang diemban RT dan RW amat berat. belum lagi RT dan RW adalah tempat pengaduan atas segala bentuk keluh kesah masyarakat, untuk itu melalui kesempatan ini Apri mengapresiasi kerja keras para RT RW yang sudah melakukan yang terbaik.

Dan juga disampaikan, pada safari Ramadannya kali ini adalah mengenai Kartu Bintan Sehat (KBS). Apri menjelaskan kepada masyarakat, untuk tahun ini KBS tidak sempat dianggarkan, karena pelayanan sudah ditetapkan melalui BPJS.

Tetapi Apri mengakui, pelayanan kepada masyarakat menggunakan KBS memang dirasa lebih baik. Untuk itulah pemerintah bersama DPRD Bintan akan berusaha agar KBS dapat dianggarkan kembali, mengingat masyarakat sangat membutuhkan.

Apri juga sempat meminta maaf Kepada Imam Masjid, Fardhu Kifayah, Guru TPQ, karena pada tahun ini tidak ada insentif yang diberikan. ini juga menjadi perhatian pemerintah, Apri menjelaskan bahwa untuk tahun ini, insentif tidak sempat dianggarkan. Dan lagi-lagi dalam hal ini akan bekerja sama dengan DPRD Bintan, agar insentif ini dapat dianggarkan kembali pada APBD perubahan 2016.

Kepada masyarakat yang hadir, Apri juga mengajak agar dapat membangun sinergisitas, bergandeng tangan membangun Kabupaten Bintan. Karena tanpa sinergisitas tentu saja pembangunan sulit untuk dapat berjalan dengan baik. Tetapi jika sinergisitas terbangun, ini merupakan pertanda baik, agar dapat menghasilkan sesuatu yang baik pula bagi pembangunan di Kabupaten Bintan. Maka dari itu, Apri mengajak masyarakat dapat memberikan sumbangsih ide pemikiran, karena pembangunan di Kabupaten Bintan pasti akan melambat jika hanya difikirkan sendiri-sendiri.

Diakhir, Bupati Bintan mengapresiasi jamaah yang tampak masih meramaikan Masjid di akhir Ramadan ini. Apri menggambarkan para jamaah ini merupakan para finalis, yang masih berjuang di babak final 10 hari terakhir Ramadhan, semoga dengan semangat ini, hari kemenangan akan terasa sangat nikmat bagi seluruh kaum muslimin dan muslimat.

‎Editor: Udin