Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ayah Juga Manusia, Berhak Dapat Cuti Ayah!
Oleh : Redaksi
Kamis | 30-06-2016 | 08:00 WIB
cutiayahbybbc.jpg Honda-Batam

Keluarga bahagia dengan seorang ayah juga berhak mendapatkan cuti ayah. (Foto: BBC)

DUA orang laki-laki membuat petisi mendesak pemerintah memberikan cuti ayah dari dua hari menjadi dua minggu ketika istri melahirkan, sebagai salah satu upaya menghidupkan peran bapak dalam pengasuhan anak sedini mungkin. Apa pengalaman yang paling tak terlupakan selama menjadi ayah?

 

"Melihat anak pertama kali keluar dari rahim ibu," kata Ahmad Zaini, 38. "Sampai sekarang tidak bisa dideskripsikan perasaannya. Wah anak pertama ini, nangis, nangis deh."

Itu adalah momen pertama dia menyentuh anaknya dan mengucap azan, sebuah ritual yang umum dilakukan umat Muslim. "Itu kedekatan emosional pertama antara saya dengan anak-anak saya."

Sejak itu, komitmen Ahmad dan istrinya Windy Virgawati untuk mengasuh anak-anak sebagai tim dimulai. Ahmad dengan terampil mengganti popok, memandikan, memasak, dan menyuapi, sehingga Windy tak cemas meninggalkan anaknya yang masih bayi dengan sang ayah.

Bagi Windy, hadirnya suami dalam proses kelahiran sangat penting, tak hanya untuk hubungan ayah dan anak, tetapi juga hubungan antara mereka sebagai suami istri. "Itu menunjukan bahwa kasih sayang itu ada, terlihat," katanya.

Ahmad tak bisa membayangkan jika momen kelahiran tiga anaknya terlewat. Sebagai seorang pekerja, dia cukup beruntung bisa mengambil cuti tujuh hari ketika istrinya melahirkan ketiga anak mereka. Namun tak semuanya mendapat kesempatan itu.

Dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan, pekerja laki-laki hanya memperoleh hak tidak bekerja selama dua hari ketika istri melahirkan - waktu yang dipandang sangat sempit.

Inilah alasan mengapa Ahmad Zaini dan rekan kerjanya Adi S. Noegroho membuat petisi agar pemerintah bisa memberikan cuti khusus untuk ayah lebih lama, yaitu sekitar dua pekan.

Berikut ini cuti ayah di berbagai negara : 2 hari - Indonesia, Agrentina. 7 hari - Filipina. 14 hari - Australia, Inggris. 114 hari - Norwegia. 0 hari - Malaysia, Thailand, Vietnam, Rusia, Cina, Kanada.

Expand