Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Asyik, Mudik Lebaran Peserta BPJS Kesehatan Bisa Berobat di RS Terdekat
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 29-06-2016 | 11:38 WIB
BPJS.jpg Honda-Batam

Saat mudik lebaran, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus dimana peserta JKN-KIS dapat berobat di luar wilayah.(Foto: Roni Ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal penjaminan pelayanan kesehatan saat mudik lebaran, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus dimana peserta JKN-KIS dapat berobat di luar wilayah.

"Bisa berobat tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta bisa langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat," kata Budi Setiawan, Kepala BPJS Kesehatan Kota Batam, Rabu (29/6/2016).

Menurutnya, kebijakan pemangkasan prosedur pelayanan tersebut berlaku sejak H-7 sampai dengan H+7 lebaran. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta yang sakit saat mudik atau telah sampai tempat tujuan, tak harus lapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat.

"Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta yang berlaku aktif," terangnya.

"Tidak ada peserta yang ditolak dan tidak ada dipungut biaya," tegasnya lagi.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan juga telah menyediakan nomor kontak yang dapat dihubungi 24 jam oleh peserta masing-masing wilayah. Hotline Kantor Cabang Utama Batam; 08127798637 dan 081270729212.

"Selain itu, BPJS Kesehatan juga membuka posko mudik di lima titik padat pemudik yakni Pelabuhan Merak Banten, Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Gilimanuk Bali, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar," tutupnya.

Editor: Udin