Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Estetika Seni Agamis dan Nilai Budaya Melayu Cerminan Festival Lampu Cangkok
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 29-06-2016 | 10:14 WIB
Kadis-Pariwisata-Bintan,-Luki.jpg Honda-Batam

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan ingin mewujudkan Festival Lampu Cangkok yang diikuti oleh seluruh Kecamatan di Kabupaten Bintan dengan sebaik-baiknya. Hal ini dikarenakan, Pemerintah Kabupaten Bintan berkeinginan untuk menjadikan Festival ini sebagai Kalender Tetap Event Pariwisata di Kabupaten Bintan.

”Pemerintah Kabupaten Bintan akan melihat seberapa besar animo masyarakat terhadap Festival Lampu Cangkok ini. Untuk itu Pemerintah mempersiapkan segala sesuatunya, agar festival dikemas semenarik mungkin yang tentunya akan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara dan dalam negeri. Dan tidak tertutup kemungkinan akan menjadi Kalender Tetap Event Pariwisata Pemerintah Daerah ke depannya ” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira.

Ditambahkannya, dari hasil Rapat Teknis ditetapkan, untuk penilaian akan dilakukan pada Hari Sabtu malam, 02 Juli 2016 (27 Ramadhan 1437 H). Tim Panitia akan memantau setiap titik di Kecamatan selepas bakda Maghrib, adapun kriteria penilaian meliputi estetika seni, dekorasi, design, tata letak, pondasi, kekokohan dan hiasan ornamen. Namun hal yang paling penting, agar setiap rangkaian lampu cangkok mempunyai unsur-unsur agamis dan budaya Melayu. Nantinya Tim Penilai akan terdiri atas beberapa instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan yang akan bekerja sama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bintan, Roni Kartika, mengatakan bahwa tidak tertutup kemungkinan Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, akan turut meninjau lokasi festival.

Dikatakan, Pemerintah Daerah akan menyiapkan Piagam dan Piala Festival Lampu Cangkok sebagai penghargaan bagi Kecamatan yang dinilai layak mendapatkannya, sesuai hasil kriteria dan penilaian Tim Panitia.

”Penyerahan Piala Festival Lampu Cangkok juga direncanakan akan diserahkan langsung oleh Bupati Bintan, yang akan disejalankan dengan Pawai Takbir di Relief Antam Kijang pada malam 1 Syawal 1437 H. Untuk itu Pemerintah Daerah ingin agar setiap Kecamatan memberikan kreativitas dan seni yang terbaik,” tutupnya.

Editor: Udin