Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jarak Pandang Terbatas, 1 Jam Lebih Kapal Tak Berlayar
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 23-06-2016 | 08:50 WIB
speedboatdisekupang.jpg Honda-Batam

Kapal speed boat di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Curah hujan sejak pagi hingga siang hari membuat aktifitas pelayanan penumpang antar Kota dan Provinsi di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) Batam, terganggu. 

 

Hal ini disebabkan angin kencang disertai gelombang laut yang kuat, membuat jarak pandang terbatas. Akibatnya, jadwal keberangkatan kapal fery pun terkendala akibat insiden tersebut.

"Hujan, angin kuat dan, gelombang sangat kencang mengakibatkan jarak pandang terbatas. Hampir satu jam lebih kita tunda keberangkatan kapal," kata Komaruddin, Rabu (22/06/2016)

Penundaan itu sejak pukul 11.30-12.30 Wib oleh dua awak kapal, yaitu SB Tenggiri tujuan Moro dan Mikonatalia 88 tujuan Tanjungbalai Karimun.

"Jarak pandang tidak sampai setengah mill. Terpaksa kita tunda meskipun pelabuhan yang dituju cuaca normal," katanya.

Kedua kapal tersebut diberangkatkan setelah cuaca sudah membaik dan jarak bandang sudah diatas normal sekitar 1 mil sekitar pukul 12.45 Wib.

"Kita berangkatkan juga setelah kordinasi dengan pelabuhan terdekan dan yang dituju. Kalau cuaca bagus langsung berangkat," tegasnya.

Akibat anggin kencang dan jarak pandang terbatas, para kapten kapal yang hendak menyandar didua dermaga pun, mengalami kesulitan untuk parkir atau menyandar.

"Parkir kapal saja susah karena angin dan gelombang laut sangat kuat. Kapal secara otomatis langsung bergeser," pungkasnya.

Editor: Dardani