Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dishub Kominfo Lingga Minta Operator Pastikan Keselamatan dan Kenyamanan Penumpang
Oleh : Nurjali
Rabu | 15-06-2016 | 09:50 WIB
selamatbyjali.jpg Honda-Batam

Kabid Perhubungan Laut dan Udara Lingga, Selamat. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Bidang Perhubungan Laut dan Udara, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Lingga memastikan seluruh armada yang beroperasi saat mudik lebaran nanti akan dapat memberikan pelayanan maksimal, khususnya untuk fasilitas pendukung armada, keamanan dan kenyamanan serta kondisi armada.

 

"Kami sudah menyurati dan secara lisan menyampaikan kepada pihak operator agar memaksimalkan pelayanan untuk kenyamanan penumpang," kata Kabid Perhubungan Laut dan Udara, Selamat, Kamis (15/6/16).

Selain melakukan beberapa upaya tersebut, pihaknya juga sudah mengadakan pertemuan dengan pihak operator untuk mempersiapkan penambahan armada agar saat menjelang arus mudik dan peningkatan penumpang nanti, semua penumpang dapat terangkut.

"Saat ini ada beberapa operator yang armadanya dalam pengawasan kita, jika dalam beberapa hari ini tidak mengindahkan himbauan kepala daerah, kita akan surati Provinsi untuk menganulir izin trayeknya," ungkapnya.

Selain itu, dengan beroperasinya kapal Roro, tentunya hal ini akan mengurangi beban dari kapal laut. Karena para pemudik seperti tahun-tahun yang lalu juga banyak menggunakan kapal roro. Untuk peningkatan penumpang tahun ini diprediksi akan mengalami peningkatan di angka 10 - 15 persen dari tahun-tahun sebelumnya, hal itu akan terjadi pada H-3 dan H-1.

"Data riil tahun lalu kita prediksi tahun ini akan meningkat, karna bertepatan dengan libur sekolah," jelasnya.

Selain melakukan beberapa upaya tersebut, Dishub Lingga juga melakukan komunikasi secara intens dengan instansi-intansi lainnya seperti Sabandar, KPLP, Polisi, AL dan lembaga lainnya. Hal ini guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para masyarakat Kabupaten Lingga yang pulang mudik.

Editor: Dardani