Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasar Malam yang Selalu Ramai
Oleh : alrion/ sn
Kamis | 01-09-2011 | 15:29 WIB

KARIMUN, batamtoday - Anda mau menikmati berbagai ragam jajanan di Kabupaten Karimun? Datanglah ke Pasar Malam Tanjung Balai Karimun. Di sana Anda akan puas memilih dan menikmati hidangan kesukaan.

Ada kue jumput, dadar gulung, mie goreng, teh tarik, jus buah segar, dan ragam makanan lainnya. Di puluhan gerobak terbuka, Anda tinggal memilih makanan mana yang cocok. Bahkan, ada kedai kopi Mesir. Kedai kopi Mesir inilah kedai yang pertamakali ada sejak Pasar Malam Tanjung Balai Karimun berdiri pada 1956.

Pasar Malam Tanjung Balai Karimun berdekatan dengan pusat kota dan pelabuhan. Di lokasi ini, Anda tak perlu khawatir untuk bermalam. Ada hotel, losmen dan penginapan murah.

Pusat jajan terbesar di Kabupaten Karimun ini memiliki luas 50 meter persegi. Di dalamnya ada 7 kedai kopi dan 84 gerobak pedagang makanan. Pasar khusus malam ini selalu dipadati pengunjung, tak hanya dari Karimun tapi juga dari pulau-pulau lain di Kepulauan Riau.

Pasar Tanjung Balai Karimun terus hidup sepanjang malam, sepanjang kehidupan di Kota Karimun itu sendiri. "Kalau dahulu, pasar ini menjadi favorit para pekerja tambang. Kini, semua orang menyukai tempat ini," ujar Alrano, seorang pedagang, kepada batamtoday, Rabu (31/8/2011).

Pantauan batamtoday dalam bulan Ramadhan tahun ini menunjukkan bahwa jumlah pengunjung tambah ramai dibanding hari-hari biasa. Pendapatan juga bertambah. "Di bulan Ramadhan warung kami meningkat pendapatannya. Ada lah Rp 200 ribu kami dapat," tambah Alrano.