Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Daging Ayam di Karimun Terus Merangkak Naik
Oleh : Nursali
Minggu | 12-06-2016 | 14:45 WIB
ayamkarimun.jpg Honda-Batam

Pedagang daging ayam di Pasar Tradisional Puan Maimun, Kabupaten Karimun. (Foto: BATAMTODAY.COM/Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Harga komoditi daging ayam siap potong di Pasar Tradisional Pasar Puan Maimun mulai merangkak naik. Kenaikan ini diprediksi akan terus mengalami kenaikan hingga menjelang Hati Raya Idul Fitri 1437 H

Salah seorang pedagang Pasar Puan Maimun, Juraida mengatakan, saat ini dirinya membandrol ayam potong seharga Rp 39 ribu/kg untuk ayam potong yang sudah dibersihkan dan siap diolah.

Sedangkan untuk ayam potong yang masih bulat atau belum dibersihkan dibandrol seharga Rp 33 ribu/kg.

"Rata-rata naiknya 2 ribu perkilonya. Naiknya sejak mau puasa kemarin la, sampai sekarang," Ungkap Juraida kepada BATAMTODAY.COM di Pasar Puan Maimun. Minggu (12/6/2016).

Ia juga mengatakan kenaikan harga ayam siap potong tersebut sangat jauh berbeda dengan harga sebelumnya, dimana pada pekan lalu ayam tersebut masih diharga Rp.37ribu untuk ayam potong bersih dan Rp 31 ribu/kg untuk ayam potong yang masih bulat.

Ia juga mengatakan, kenaikan harga tersebut diakibatkan kurangnya persediaan ayam ditingkat distributor dan para peternak ayam yang belum bersedia menjual hasil ternaknya.

"Biasanya gitu, kalau nggak barangnya habis di tempat toke. yang peternak ayam itu nggak mau jual. Nunggu lebaran nanti la Bang. kan kalau dekat lebaran, harga semakin mahal. Mau nggak mau orang harus beli," katanya.

Ia mengaku, sebagai pedagang kecil dirinya dan beberapa rekannya yang lain tidak mampu mengendalikan harga tersebut.

Sebab, jika hal tersebut mereka lakukan, maka selain dikucilkan oleh para pedagang, dirinya juga tidak dapat bertahan lama untuk mempertahankan dagangannya.

"Payah mau ambil untung, mau makan apalagi? lebih baik tutup sekalian," tandasnya.

Editor: Surya