Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jasa Porter Diatur oleh Otoritas Bandara

Penghasilan Porter Bandara Hang Nadim Meningkat
Oleh : Sumantri/Dodo
Sabtu | 27-08-2011 | 15:47 WIB
Porter_Bandara.jpg Honda-Batam

Porter Bandara (Foto Istimewa)

BATAM, batamtoday - Sejumlah porter yang beroperasi di Bandara International Hang Nadim Batam, mengaku mengalami peningkatan penghasilan sejak musim mudik 2011 berlangsung.

Seperti diungkapkan oleh Syailendra yang akrab dipanggil Endra, salah seorang porter bandara mengaku dirinya dan temen-teman bisa mengumpulkan minimal Rp400 ribu per hari, terutama di musim musik 2011.

"Ya lumayanlah mas, kalau musim mudik kayak gini, tak lepas paling sedikit Rp400-Rp450 ribu, dan kalau lagi rame-ramenya bisa sampai Rp1 juta," papar Endra, di gerbang keberangkatan Hang Nadim, kepada batamtoday, Sabtu, 27 Agustus 2011.

Pengaturan yang telah ditetapkan oleh pihak bandara terhadap jasa porter ini, mengharuskan para pekerja keras di bandara ini untuk menetapkan tarif antara Rp40-60 ribu per angkut, jika barang bawaan penumpang banyak dan memerlukan tenaga ekstra. Tetapi jika hanya mengangkut koper ke dalam konter check-in, biasanya tarif yang dikenakan hanya Rp20 ribu.

"Tergantung banyak atau sedikitnya barang bawaan penumpang mas, kalau banyak kita dibayar paling sedikit Rp30 ribu, tapi kalau bawaannya sedikit paling hanya Rp20 ribu, biasanya hanya sampai konter check-in," tukas Endra.