Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ruang Tunggu Penumpang Tak Layak

Konter Perdaduk di Pelabuhan Sekupang Tak Efektif
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Sabtu | 27-08-2011 | 14:56 WIB
Nur-Syafriadi.gif Honda-Batam

Nur Syafriadi, ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau. (Foto: Istimewa)

BATAM, batamtoday - Keberadaan konter Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam yang dimaksudkan untuk menegakkan peraturan dalam Perda Kependudukan (Perdaduk) di Pelabuhan Beton Sekupang dinilai tidak efektif dalam situasi arus mudik Lebaran saat ini.

"Konter itu hanya memperlambat arus penumpang mengingat sekarang ini sudah tidak ada lagi pengutipan uang jaminan bagi pendatang," kata Nur Syafriadi, ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau saat melakukan sidak di Pelabuhan Beton Sekupang, Sabtu, 27 Agustus 2011.

Selain menyoroti tidak efektifnya konter Perdaduk, Nur juga menilai sarana dan pra sarana bagi penumpang yang memanfaatkan jasa pelabuhan tersebut juga tidak layak karena terlihat pengap dan kotor.

Menurutnya, para penumpang berhak mendapatkan fasilitas memadai di pelabuhan karena setiap penumpang dikutip Rp10 ribu yang termasuk di dalam tiket perjalanan.

"Harusnya ruang tunggu maupun ruang keberangkatan ini ber-AC. Masak (kotor dan pengap, red.) seperti ini, kan penumpang bayar pass juga," ujar Nur ketus.