Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pria Ini Jauh-jauh ke Batam Cuma Mau Maling
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 24-05-2016 | 14:34 WIB
pecah-kaca-am.jpg Honda-Batam

AM, pelaku pecah kaca mobil yang dihadiahi timah panas oleh polisi. (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - AM (38), pelaku pencurian dengan modus pecah kaca mobil Toyota Corolla Altis BP 1809 EI milik Huda, saat shalat Jumat di Masjid Al Munawaroh, Perumahan Anggrek Sari, Batam Center, ternyata sengaja datang ke Batam untuk beraksi.

Dari pengakuannya, ia masuk ke Batam padà 13 Mei kemarin, yang memang dipesan untuk melakukan aksi pencurian.

Menurut Kanit IV atau Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Sat Reskrim Polresta Barelang, Ipda Afuza Edmond, mengatakan, dalam kejadian tersebut AM hanya pesuruh dan mendapat bagian dari hasil curian sebesar Rp2 juta.

"Mereka bergerak tiga orang. Satu mengendarai mobil dan dua orang lainnya mengendarai satu sepeda motor. AM ini yang bertugas membuntuti sasarannya," ujar Afuza, Selasa (24/5/2016) siang.

Dijelaskan, untuk sasarannya saat kejadian, AM telah mengikuti sejak korban keluar dari Bank BRI Batam Center hingga parkir di parkiran Masjid Al Munawaroh, Perumahan Anggrek Sari, Batam Center

Setelah memastikan situasi aman, ia mendekati mobil korban dan memecahkan kaca sebelah kanan. Namun aksinya tersebut ternyata dilihat oleh warga.

"Ada warga yang melihat saat ia memecahkan kaca mobil tersebut. Warga itu kemudian memukul AM menggunakan kursi. Namun AM melawan dengan menodongkan pisau ke arah warga," lanjutnya.

Warga yang mencoba melawan dengan tangan kosong tidak bisa berkutik saat ditodong pisau. Saat itulah AM berhasil kabur dengan membawa tas milik korban berisikan uang Rp11 juta.

"Sehari kemudian kita bersama Polsek Batam Kota berhasil menangkap AM. Ternyata dia tidak bekerja sendiri. Ada dua orang lainnya yang masih dalam pengejaran. Uang yang kita temukan hanya Rp2 juta, yakni upah yang diterima AM dalam berkasi tersebut," terangnya.

Selain itu, AM baru beraksi satu kali semenjak datang ke Batam. "Sekarang kasusnya yang menangani Polsek Batam Kota. Mungkin lebih jelasnya bisa ditanyakan ke sana," pungkas Afuza.

Jajaran Buser Satreskrim Polresta Barelang dan Unit Reskrim Polsek Batam Kota tidak butuh waktu lama mencari dan membekuk pelaku pemecahan kaca mobil Toyota Corolla Altis di Masjid Al Munawaroh, Perumahan Anggrek Sari, Batam Center, Jumat (20/5/2016) lalu.

Satu terduga pelaku berhasil dibekuk Satreskim Polresta Barelang. Terduga pelaku pecah kaca yang berhasil diamankan berinisial AM (38) ditangkap di perumahan Perumahan Cendana Blok F12 No.8, Batam Centre. Pelaku sempat melakukan perlawanan saat ditangkap Sabtu (21/5/2016) pukul 17.30 Wib.

Editor: Dodo