Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri Jatuh Pada 30 Agustus
Oleh : Dodo
Kamis | 25-08-2011 | 19:29 WIB

BATAM, batamtoday - Muhammadiyah, sebagai salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia menetapkan Idul Fitri 1432 Hijriah pada Selasa, 30 Agustus 2011 mendatang.

"Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri tahun jatuh pada 30 Agustus 2011, dan mungkin berpotensi ada perbedaan dengan yang akan ditetapkan oleh Pemerintah," kata Imam Bachroni, ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batam yang dihubungi batamtoday, Kamis, 25 Agustus 2011.

Imam mengatakan perbedaan penetapan 1 Syawal 1432 Hijriah memungkinkan terjadi mengingat selama ini pemerintah menggunakan metode imkanur rukyat. Sedangkan Muhammadiyah, lanjutnya, menggunakan metode wujudl hilal.

“Bisa terjadi perbedaan Idul Fitri terhadap sejumlah ormas Islam, sebab jika melalui rukyat, posisi hilal di bawah dua derajat menunjukkan bulan belum bisa terlihat. Kemungkinan sebagian ormas akan menyempurnakan puasa (istikmal) menjadi 30 hari. Sehingga sebagian masyarakat muslim lainnya akan menikmati lebaran pada Rabu, 31 Agustus 2011,” urai Imam Bachroni.

Untuk itu jika terjadi perbedaan seperti ini, kata dia, dipersilakan bagi warga muslim untuk mengikuti sesuai dengan keyakinannya masing-masing. Dia berharap, meski terjadi perbedaan dalam pelaksanaan 1 Syawal nanti, warga muslim diminta untuk saling menghormati dan menghargai. Sebab dari dulu hingga sekarang, mengenai perbedaan jatuhnya 1 Syawal sudah sering terjadi.