Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia Izinkan Impor 250 Ribu Ekor Sapi Australia di Cawu Kedua 2016
Oleh : Redaksi
Jum'at | 13-05-2016 | 11:26 WIB
kapal-pengangkut-sapi-asal-Australia.jpg Honda-Batam

Kapal pengangkut sapi tujuan Indonesia di Pelabuhan Darwin. (Sumber foto: ABC)

BATAMTODAY.COM, Darwin - Ribuan ekor sapi kini mulai meninggalkan Pelabuhan Darwin, Australia Utara, setelah Pemerintah RI menerbitkan izin impor 250 ribu ekor untuk periode catur wulan (cawu) kedua 2016. Dengan kuota di cawu pertama sebanyak 200 ribu ekor, berarti akhir Agustus nanti sudah 450 ribu ekor sapi Australia yang masuk ke Indonesia tahun ini.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, Kementerian Perdagangan RI menerbitkan izin tersebut sesuai dengan rekomendasi Departemen Pertanian RI untuk mengimpor 250 ribu ekor sapi selama empat bulan ke depan.

Stuart Kemp dari Aspsiasi Eksportir Ternak Northern Territory (NTLEA) menyambut baik keputusan pemerintah Indonesia ini.

Dia menjelaskan, kalangan eksportir Australia segera bertindak cepat, dan sebuah kapal pengangkut ternak Bison Express dalam semalam telah menaikkan sekitar 3 ribu ekor sapi.

"Para eksportir kini bisa memenuhi permintaan sesuai dengan izin tersebut dan kapal pertama telah berangkat pagi ini. Kapal Bison Express dimuati kemarin malam dan pagi ini telah berlayar ke Indonesia," katanya Kemp, Kamis (12/5/2016).

Dia berharap periode empat bulan ke depan bisa lebih konsisten. "Kebanyakan sapi Australia yang akan dikirim ke Indonesia dilakukan melalui Pelabuhan Darwin," jelas Kemp.

Expand