Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sambut Idul Fitri 1432 Hijriah

Disbudpar Lingga Gelar Lomba Gerbang Hias
Oleh : Ardi / Jauhari / Dodo
Rabu | 24-08-2011 | 12:30 WIB
FILE0007.JPG Honda-Batam

Junaidi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Lingga. (foto: Juhari)

LINGGA, batamtoday - Sebanyak 75 unit pintu gerbang berhias yang tersebar di lima kecamatan Kabupaten Lingga mendapat bantuan dana dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lingga dalam rangka tradisi likuran serta menyemarakan Idul Fitri 1432 Hijriah.

Junaidi, Kadisbudpar Kabupaten Lingga mengatakan masing-masing kelompok dapat bantuan pembuatan gerbang sebesar Rp820 ribu yang disalurkan melalui kecamatan, dengan rincian Lingga sebanyak 33 kelompok, Singkep terdapat 27 kelompok.  Sementara untuk Singkep Barat, Lingga dan Senayang masing-masing 5 kelompok.

"Penilaian dimulai pada tanggal 25 Ramadhan sampai dengan Idul fitri, dengan puncak penilaian pada tanggal 27 Ramadhan” katanya menjelaskan.

Junaidi mengatakan antuasias masyarakat cukup bagus tahun ini dan Disbudpar akan memberikan hadiah bagi pemenang lomba ini disamping piala juga uang tunai total Rp13 juta.

Sedangkan untuk penilaian gerbang terbaik di berikan kepada masing-masing kecamatan dengan lima kriteria penilaian meliputi, bentuk dan keindahan dari gerbang, kaligrafi dan seni, pencahayaan pintu gerbang, kebersihan dan kerapian serta keserasian warna.

Junaidi juga mengharapkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan pada waktu mendatang dan menjadi agenda tetap yang lebih meriah lagi, tanpa mengurangi dan merusak nilai-nilai ibadah puasa sebagai keutamaan dalam bulan Ramadhan.