Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ssttt ... Nasi Ternyata Lebih Berbahaya dari Minuman Soda
Oleh : Redaksi
Minggu | 08-05-2016 | 08:16 WIB

BATAMTODAY.COM, Singapura-Minuman manis berkarbonasi atau yang lebih dikenal dengan minuman soda, sudah tidak asing lagi dianggap sebagai asupan buruk yang dapat meningkatkan risiko diabetes dengan cepat. 


Namun menurut menurut Kepala Eksekutif Dewan Promosi Kesehatan Singapura, Zee Yoong Kang, nasi putih jauh lebih berbahaya dari minuman soda.

Beliau memiliki data hasil analisis meta dari empat penelitian besar yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health selama 4 sampai 20 tahun, yang melibatkan lebih dari 350.000 orang. 

Penelitian tersebut memberikan beberapa temuan serius, di antaranya, menunjukkan bahwa sepiring nasi putih yang dimakan setiap hari secara teratur, dapat meningkatkan risiko diabetes sebesar 11 persen.

Selain itu ditemukan fakta bahwa orang-orang Asia mengonsumsi nasi putih hingga empat porsi setiap harinya. Jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan orang-orang Amerika dan Australia yang hanya makan empat porsi nasi putih dalam lima minggu.

Namun Zee tidak meminta orang-orang Asia untuk berhenti makan nasi putih, karena makanan itu merupakan makanan pokok yang sangat populer di negara-negara Asia. 

Ia hanya ingin orang-orang beralih ke varietas yang lebih sehat seperti dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Sumber: Reinha.com
Editor: Surya