Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabupaten Karimun Masuk Eliminasi Bebas Malaria
Oleh : Nursali
Selasa | 26-04-2016 | 08:36 WIB
penghargaan-malaria.jpg Honda-Batam

Bupati Karimun, Aunur Rafiq terima penghargaan eliminasi malaria (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kabupaten Karimun dinyatakan masuk eliminasi sebagai salah satu daerah yang sudah bebas malaria di Indonesia. Atas prestasi itu, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek langsung menyerahkan sertifikat eliminasi kepada Pemkab Karimun yang langsung diterima Bupati Karimun Aunur Rafiq pada acara peringatan Hari Malaria Sedunia yang dipusatkan di Bengkulu pada Senin (25/4/2016).

Dengan masuknya Kabupaten Karimun sebagai salah satu Kabupaten Kota eliminasi bebas malaria dari enam daerah yang menerima predikat yang sama. Dengan demikian Kabupaten Karimun termasuk penyumbang angka bebas malaria yang saat ini sudah mencapai 238 Kabupaten Kota yang masuk eliminasi.

"Ini merupakan prestasi kita bersama, berkat kerjasama dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat sehingga Kabupaten Karimun bebas malaria untuk tingkat nasional," ucap Rafiq, Selasa (26/4/2016).

Ia mengharapkan prestasi yang diraih agar dapat dipertahankan. Tentunya dengan menjaga lingkungan yang bersih dan asri. Sebagaimana kegiatan bersih-bersih Pulau Karimun yang telah digalakkannya dengan pencanangan Karimun Bersih yang telah dimulai sejak sepekan kemarin.

"Semoga prestasi ini juga dapat diikuti dengan prestasi yang lainnya sehingga kita bisa terbebas dari berbagai macam wabah. Tentunya harus dimulai dari sekarang dan dimulai dari diri sendiri," imbuhnya.

Pemkab Karimun menurutnya, saat ini tengah fokus dalam menangani masalah kebersihan. Yang tentunya muaranya adalah menjaga kesehatan masyarakat berawal dari kebersihan. Maka dari itu agenda Karimu Bersih merupakan agenda milik bersama yang harus disukseskan secara bersama-sama.

Editor: Udin