Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polres Barelang Cari Tahu Tempat Produksi HP Rekondisi
Oleh : Romi Chandra
Minggu | 17-04-2016 | 13:11 WIB
hp rekondisi.jpg Honda-Batam
Handphone rekondisi (ilustrasi)

BATAMTODAY.COM. Batam - Pasca penangkapan penyeludup handphone rekondisi yang akan diselundupkan keluar Batam, jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Barelang langsung melakukan pengembangan untuk mencari tahu dari mana ponsel tersebut diambil.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Memo Ardian, mengatakan, ratusan unit ponsel itu diambil di salah satu konter kawasan Lucky Plaza. Namun ia enggan mengungkapkan, secara langsung lokasi tersebut.

"Kita langsung kembangkan mencari tahu lokasi pengambilan handphone itu. Salah sau di Lucky Plaza," ujar Memo, Minggu (17/4/2016) siang.

Selain itu, pemeriksaan terhadap pelaku juga terus dilakukan untuk megetahui lokasi lain tempat pegambilannya.

"Besok, Senin (18/4/2016), akan kita gelar semua tangkapan HP itu. Sekarang masih kita kembangkan," pungkasnya.

Upaya penyelundupan ratusan handphone (hp) rekondisi dari berbagai merek ke luar Batam, berhasil digagalkan jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Barelang, Sabtu (16/4/2016).

Keterangan yang didapat, upaya penyelundupan itu digagalkan saat pelaku mencoba keluar Batam melalui Jembatan 5 Barelang. Namun upaya tersebut diketahui, dan para terduga pelaku beserta barang bukti langsung diamankan ke Mapolresta Barelang.

Karena itu konsumenen dimnta hati-hati dalam membeli handphone, karena jika tidak teliti tidak menutup kemungkinan handphone yang anda beli adalah handphone rekondisi. 

Handphone rekondisi adalah sebuah handphone yang dirakit ulang dari beberapa komponen handphone bekas yang masih bisa berfungsi. Jadi sama saja sebenarnya jika membeli handphone rekondisi kita membeli handphone dengan beberapa komponen didalamnya adalah bekas. Dan tentunya jika handphone tersebut bekas, maka kemungkinan tidak akan awet untuk digunakan.

Jika anda sudah sangat sering menggunakan handphone atau mengerti tentang seluk beluknya anda pasti akan mengetahui perbedaan handphone rekondisi dan yang asli dalam sekali pegang. 

Ciri-ciri handphone rekondisi : 
1.  Spesifikasi rekondisi sangat berbeda dengan ponsel asli. Jadi yang mirip sebenarnya hanyalah tampilan casing, termasuk merek dan serinya. 

2.  Kualitas suara terdengan jelek dan pecah; anda bisa menguji dengan memutar lagu. 

3.  Casing ponsel sekilas terlihat mirip asli, tetapi jika diteliti ternyata dibuat dari bahan yang berbeda. 
4.  Bobot ponsel palsu lebih ringan. 

5.  Huruf-huruf pada ponsel tampak berbeda.

Delapan puluh persen ponsel rekondisi garansi tidak resmi yang diperjual belikan, battery dan chargernya palsu, termasuk yang dijual di outlet resmi Operator selular, karena itu semua bukan barang baru (barang bekas rusak/reject di luar negeri, diperbaiki dan dibungkus ulang seperti baru, namanya refurbish product atau bahasa Indonesia-nya barang rekondisi).

Ponsel rekondisi termasuk barang yang berbahaya. Sebab barang yang tidak keluar dari Quality Control pabrik, tingkat radiasi, signalnya serta konsumsi daya batterai-nya tidak dapat dipertanggung jawabkan.

 Editor: Surya