Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Amankan Jalur Mudik, Satpolair Segera Gelar Patroli Laut
Oleh : charles/ sn
Jum'at | 19-08-2011 | 18:19 WIB
ditpolair.jpg Honda-Batam

Ilustrasi: Ditpolair sedang berpatroli di laut.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Untuk mengantisipasi kerawanan tindak kriminal dan keselamatan berlayar selama masa mudik lebaran, Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polresta Tanjungpinang akan menggelar patroli laut, khususnya di lokasi laut jalur mudik lebaran 2011.

Demikian dikatakan Kasat Ditpolair Polresta Tanjungpinang AKP Rusdiantoro kepada wartawan, Jumat, 19 Agustus 2011.

"Dalam pelaksanaan mudik lebaran, patroli akan kita intensifkan. Kalau biasanya kita lakukan dua kali, menjelang lebaran ini minimal kita lakukan empat kali patroli dengan kekuatan angota sekitar 23 personil," ujarnya.

Selam ini, tambah Rusdiantoro, sejumlah wilayah perairan di Tanjungpinang, Bintan, serta pulau-pulau lainnya, masih menjadi jalur penyelundupan bagi pelaku kriminal, baik narkoba, perompakan serta tndak kriminal lainnya, yang memanfaatkan momen mudik lebaran.

"Oleh sebeb itu, kita tidak mau lengah dan luput dari pengawasan itu. Kita akan tetap mewapadai tindak kriminal seperi ini, dengan mengerahkan personel dalam meningkatkan pengamanan, melakukan penyisiran, khususnya di beberapa titik rawan di wilayah perairan Tanjungpinang," ujar Rusdiantoro.

Selain itu, Ditpolair menghimbau kepada seluruh pemilik kapal maupun operator Ferry, agar para penumpang dapat difasilitasi jaket pelampung (life jackets) pada setiap pelayaran. Hal itu sangat berguna dalam mengantisipasi terjadinya bencana di laut.

"Dalam pelaksanaan kegiatan patroli di perairan, kita juga nantinya akan memeriksa kelengkapan fasilitas keselamatan sejumlah kapal, berupa pelampung alat navigasi serta radio kominikasi (HT)," ucap Rusdiantoro.