Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Arus Mudik Lebaran di Kepri

Basarnas Siapkan 1 Helikopter dan 2 Kapal Cepat
Oleh : Ali/Dodo
Jum'at | 19-08-2011 | 17:00 WIB
Heli_Basarnas.jpg Honda-Batam

Helikopter milik Basarnas dikerahkan untuk memantau arus mudik di Kepri. (Foto: Istimewa)

BATAM, batamtoday - Mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan atau darurat di wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) saat arus mudik Idul Fitri 1432 H, Badan SAR Nasional (Basarnas) menyiapkan satu helikopter dan dua kapal cepat.


"Pesawat helikopter yang disiapkan Basarnas standby di Tanjungpinang bersama dua unit kapal cepat," ujar Kombes Pol Drs Nughi Kristianto, Karo Ops Polda Kepri selaku pimpinan rapat koordinasi arus mudik, Jumat 19 Agustus 2011.

Selain itu, Nughi mengatakan untuk mengatasi kelancaran angkutan lebaran yang menggunakan angkutan darat, laut dan udara agar tidak mengalami kendala atau hambatan, akan disiapkan pula posko–posko disetiap pintu masuk dan keluar pelabuhan, bandara dan objek vital lainnya.

"Posko-poko pengaduan akan kita siagakan di pelabuhan laut seperti di Punggur, Sri Bintan Pura, Sekupang dan Pelabuhan Karimun serta di Bandara Hang Nadim Batam," terangnya.

Di posko-posko pengaduan ini, tambah Nughi akan disiapkan tenaga medis untuk untuk mengantisipasi terjadnya hal-hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan bagi penumpang kapal laut, kata Nughi, pihaknya menegaskan kepada masyarakat yang berangkat agar tidak membawa barang terlalu banyak ketika perjalanan pada hari H-1 dan H+2 karena diperkirakan penumpang saat itu padat.

"Oleh karena itu kami menghimbau kepada masyarakat yang akan mudik lebaran agar menjaga keamanan, kesehatan selama dalam perjalanan, sehingga bertemu dengan sanak keluarga dan kembali dengan selamat," himbaunya.