Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bea Cukai Tanjungpimang Ungkap Modus Baru Penyelundupan Narkoba

Perempuan Asal Aceh Ditangkap Bawa 53 gram Sabu dari Malaysia
Oleh : Charles Sitompul
Minggu | 10-04-2016 | 18:35 WIB
x-ray.jpg Honda-Batam
Mesin pemindai (X-ray( di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (Foto : Dok BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang- Aksi penyeludupan narkoba jenis sabu dengan modus baru kembali terendus di Pelabuhan  Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang. 

Seorang wanita asal Aceh, Ry (42) diamankan petugas pemindai mesin (X-ray) Bea dan Cukai Tanjungpinang, karena membawa dan menyimpan narkoba jenis sabu 53 Gram di dalam sanggulnya yang ditutupi dengan jilbab yang digunakan. 

Penangkapan terhadap RY dilakukan ketika enumpang Kapal MVCitra Indomas asal Situlang Laut Malaysia itu, tiba dan dilakukan pemeriksaan oleh petugas Bea dan Cukai di pintu perlintasan pelabuhan sekitar pukul 11.50 WiB, Sabtu,(9/4/2016) kemarin. 

Sukino, Pelaksna Harian Kasi Penindakan dan Pengawasan (Kasi-P2) Kantor Pelayanan KPPBC Tipe B Tanjungpinang mengatakan, pihaknya memang melakukan penangkapan terhadap  penumpang kapal dari Malaysia yang membawa narkoba jenis sabu tersebut. 

"Satu orang yang diamankan. Masih diperiksa, dan saya belum tahu pasti berapa berat narkoba yang dibawanya," ujar Sukino pada wartawan, Minggu (10/4/2016).

Sukino menambahkan, pihaknya melalui Joint Operation yakni   antara Bea dan Cukai, Kepolisian dan Imigrasi, serta intansi terkait  masih terus melakukan pengembangan.

Sementara itu  dari informasi yang berhasil dihimpun dari sejumlah saksi di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang mengatakan,  perempuan yang diamankan petugas Bea dan Cukai tersebut berasal dari Aceh. Perempuan tersebut langsung digelandang menuju kantor P-2 KPPBC Tanjungpinang. 

"Informasinya dia bawa narkoba sabu 4 bungkus didalam sanggul yang dibalut dengan jilbab, dan didapati Petugas saat di Periksa di ‎X-ray,"ujar salah serang warga. 

Kapolres Tanjungpinang AKBPnKristian P Siagian, ‎ membenarkan penangkapan tersebut dan saat ini pelaksanaan Pengembangan dan penyelidikan atas kasus masih terus dilakukan. 

"Nanti kita ekspos sama-sama, saat ini masih kita dalami dan kembangkan,"ujarnya singkat. 

Ditempat terpisah, Kepala Kepolisian Kawasan Pelabuhan (Kapolsek KKP) Sri Bintan Pura Tanjungpinang Kompol Sujoko juga membenarkan adanya pengamanan satu orang penumpang wanita atas dugaan membawa narkoba sabu tersebut. 

"Saat ini sudah diserahkan ke Satnarkoba Polres  guna dilakukan penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut bersama dengan Tim dari Bea dan Cukai,"ujarnya. 

Editor : Surya