Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Panama Papers Upaya Lemahkan Rusia
Oleh : Redaksi
Jum'at | 08-04-2016 | 09:26 WIB
putin by afp.jpg Honda-Batam
Vladimir Putin mengenal Sergei Rodulgin, yang namanya disebut di Dokumen Panama, sejak remaja. (Foto: AFP)

BATAMTODAY.COM, Moskwa - Presiden Rusia Vladimir Putin membantah adanya elemen korupsi apa pun terkait bocoran Dokumen Panama atau Panama Papers dengan mengatakannya sebagai upaya lawan-lawannya untuk mengguncang Rusia.


Putin bicara untuk pertama kalinya sejak bocornya dokumen rahasia yang disimpan oleh firma hukum Panama, Mossack Fonseca. Dokumen itu mengungkapkan sejumlah perusahaan cangkang yang dimiliki orang dekat Putin.

Amitabh Bachchan bantah sangkut paut Panama Papers. Berdasarkan penyelidikan terhadap dokumen, muncul dugaan bahwa perusahaan itu dipakai untuk pencucian uang.

Putin mengatakan bahwa lawan-lawan Rusia, "khawatir terhadap kesatuan bangsa Rusia dan ini menyebabkan mereka mencoba mengguncang kita dari dalam. Membuat kita patuh pada mereka."

Putin memuji teman lamanya, pemain cello Sergei Roldugin, yang namanya disebut dalam Dokumen Panama sebagai pemilik perusahaan yang membuatnya memperoleh keuntungan jutaan dolar.

Dia menambahkan bangga terhadap orang seperti Roldugin, yang menurutnya sudah menghabiskan seluruh uangnya untuk membeli alat musik serta menyumbang kepada badan amal negara.

Rodulgin mengenal Putin sejak mereka masih remaja serta menjadi bapak pemandian bagi putri Putin, Maria. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani