Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Ini, 2 Kapal Asing Tangkapan Kapal Hiu akan Diledakkan
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 05-04-2016 | 09:24 WIB
Kapal Asing yang akan diledakkan telah stanby dipelabuhan Pemda tarempa.jpg Honda-Batam
Kapal Asing yang akan diledakkan telah stanby di Pelabuhan Pemda Tarempa. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dua unit kapal ikan asing berbendera Vietnam, dengan nomor lambung BD9615TS dan BTH98996TS yang ditangkap karena ilegal fishing, Rabu (16/3/2016) lalu, di perairan sekitaran Tanjung Pedas Kabupaten Anambas, akan diledakkan hari ini, Selasa (5/4/2016).

Demikian ungkap Kasatker Pengawas Kementrian Kelautan Perikanan (KKP), Erwin mengatakan, pihaknya melaksanakan mekanisme yang berlaku di Indonesia. Hal ini menunjukkan sikap Pemerintah Pusat komitmen untuk melindungi hasil laut yang ada di perairan Indonesia dari jarahan kapal ikan asing.

"Setelah mendapat izin, dan telah sesuai dengan mekanismenya, dua kapal ini akan ditenggelamkan besok (Selasa 5/4/2016) di sekitar perairan Tanjung Pedas, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas," katanya Senin (04/04/2016).

Erwin menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi untuk meledakkan kapal ikan asing tersebut. Yang turun pada penenggelaman tersebut, yakni kapal patroli KKP, KRI milik TNI AL, kapal Napoleon, kapal konservasi KKP.

"Dokumen untuk peledakan sudah lengkap dan Pemerintah Pusat juga sudah memberi izin. Kita berharap semoga kegiatan besok, bisa berjalan lancar. Dan semoga dengan tindakan ini membuat para ilegal fishing jera,dan tidak ada lagi keinginan mereka untuk menikmati kekayaan alam kita ini," paparnya.

Sementara itu, Pasintel Lanal Tarempa Kapten Laut (P) Mahudin membenarkan, terkait penenggelaman kapal asing tersebut. Pihaknya akan menggiring kapal asing tersebut, ke tempat peledakan.

"Kita akan menggiring kapal itu ke Tanjung Pedas,daerah penenggelaman.Sebelum jam 08:00 WIB besok, kita udah stanby
dipelabuhan Pemda Tarempa,"tegasnya.

Sesuai data yang berhasil dihimpun, kapal Patroli Hiu 14 dinaiki oleh tamu VIP, seperti unsur Pimpinan Daerah, instansi vertikal dan Kementerian Kelautan Perikanan.

Editor: Dardani