Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasar Masih Menanti Perkembangan Eropa

Indeks Nangkring 36.468 Poin ke Level 3,989.745
Oleh : sumantri/ sn
Kamis | 18-08-2011 | 11:17 WIB

BATAM, batamtoday - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pre-opening pagi ini dibuka naik 36.468 poin ke posisi 3,989.745. Hal tersebut dipengaruhi oleh regional yang mengalami pergerakan mixed pada perdagangan kali ini. Kinerja indeks utama di AS yang juga mengalami penutupan mixed, mengindikasikan pasar rehat pasca penguatan tajam sebelumnya.

"Sementara itu, kabar mengenai proyeksi penjualan produsen komputer Dell Inc yang mengecewakan, sontak membuat pasar cemas akan perolehan laba pada musim laporan keuangan mendatang. Ini juga
menjadi salah satu indikasi perlambatan ekonomi global yang belakangan ini menjadi pemicu jatuhnya sentimen pasar. Disamping itu, situasi Eropa yang belum sepenuhnya keluar dari permasalahan utang," ujar Ahwan, Analis BNI Securities Batam, kepada batamtoday, Rabu 18 Agustus 2011.

Kabar terakhir mengenai Eropa adalah pertemuan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel yang mengajukan pajak untuk transaksi finansial dan koordinasi kebijakan ekonomi untuk mengatasi krisis utang Eropa. Tapi mereka tidak mengajukan kenaikan dana bailout atau penjualan obligasi zona euro.

Kedua pemimpin itu mengumumkan rencana untuk membentuk dewan ekonomi zona euro tapi menolak gagasan obligasi zona euro karena dianggap berbahaya bagi ekonomi sehat di kawasan itu. Mereka juga menyerukan pemotongan belanja dan jangka panjang lainnya untuk mengurangi utang, tapi tidak menawarkan solusi detail.

Pasar kecewa karena kedua pemimpin itu tidak menyebut masalah di Prancis, atau fakta dana talangan (EFSF) tidak cukup untuk membeli obligasi atau cara-cara untuk mendorong pertumbuhan. Tidak ada gebrakan berarti dari kedua pemimpin dan proposal itu. Data CPI, jobless claims, exiting home sales AS akan jadi perhatian khusus pasar hari ini.

Sementara itu nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing terutama dolar amerika berada di level Rp8,532.00. Harga minyak mentah berada di level 87.19 dolar dan harga emas berada di level
1792.80.

Top Gainers untuk pagi ini diduduki oleh ASII naik 900 poin ke level Rp70.900, GGRM naik 550 poin ke level Rp54.800 dan UNTR naik 400 poin ke level Rp24.950.