Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Anambas Resah Adanya Tiang Listrik di Tengah Jalan
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 22-03-2016 | 10:35 WIB
Tiang_listrik_berada_ditengah_jalan_menuju_Tanjung_Momong.JPG Honda-Batam
Warga Anambas resah dengan adanya tiang listrik ini di tengah jalan (Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Tiang listrik yang berada di pertengahan Jalan Tanjung Momong, Desa Pesisir Timur, Kecamatan Siantan, membuat warga khawatir. Sebab suatu saat, tiang tersebut bakal menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.


Salah satu warga Desa Pesisir Timur, Herfa, mengatakan, tiang tersebut sangat menghalangi jalan. Dia berharap PT Perusahaan Listrik Nasional (PLN) segera memindahkannya.

"Posisinya tepat berada di pertengahan jalan. Awalnya tiang itu berada di pinggir, tetapi setelah pelebaran jalan, tiangnya jadi di tengah. Terkadang pengendara terkejut akan keberadaan tiang itu. Apalagi malam, kalau tidak teliti, bisa-bisa tiang itu ditabrak," ujarnya dengan nada kesal.

Sementara itu Sabri yang juga warga Desa Pesisir Timur menambahkan, selain memindahkan tiang yang berada di tengah jalan, PLN juga diminta agar tidak sering memadamkan lampu.

"Akhir-akhir ini hampir setiap hari mati lampu. Namun kali ini matinya agak berbeda, kadang subuh hari, sore hari atau tengah malam. Sudahlah pembayarannya mahal, udah itu tidak bisa juga terlambat dan harus tepat waktu. Begitupun masih sering mati lampu. Padahal kita baru saja mendapatkan tambahan mesin baru bantuan Pusat, empat buah lagi, masa masih saja padam listrik," gerutunya.

Senada dengan itu, Via berharap agar Pemerintah memperhatikan pengguna jalan, agar memasang pembatas (guadril) di sepanjang jalan, untuk menghindari kecelakaan yang kerap terjadi.

"Takutnya ada tabrakan, lalu jatuh ke laut. Seharusnya pemerintah juga berinisiatif untuk menjaga keselamatan para pengguna jalan. Jangan nanti ada korban dulu baru bergerak," katanya.

Via menambahkan, memang sangat baik Pemerintah melebarkan jalan. Tetapi alangkah baiknya jika dibantu dengan rambu-rambu lalulintas.

"Pembatas dan rambu-rambu lalulintas itu sangat diperlukan. Apalagi di pinggir laut seperti ini. Silap sedikit langsung kecebur ke laut. Seperti halnya kemarin, untuk menghindari kecelakaan, pengendara langsung nyebur ke laut. Memang untuk menjaga keselamatan, tugas kita masing-masing. Tetapi bila tidak dibantu Pemerintah kan sama aja Nol," jelasnya.

Editor: Udin