Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Starbuck Pungli Uang Masyarakat di Jakarta
Oleh : Saibasah
Jum'at | 18-03-2016 | 09:38 WIB
struk.jpg Honda-Batam
Bukti pembayaran yang tertulis dana CSR. (Foto: Juharni)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Berhati-hatilah jika Anda ngopi di Starbuck Cyber 2 yang berlokasi di Sahid Sudirman Center lantai 27 Jakarta. Karena di cafe milik PT. Sari Coffee Indonesia itu, manajemen memungut uang para pengunjungnya sebesar Rp1.000 untuk setiap transaksi. Pungutan itu diberi kode, dana CSR (Corporate Sosial Responsibility). 

Pungutan liar itulah yang menimpa Juhani Wati. Dalam akun facebooknya, warga Jakarta itu mengisahkan pengalamannya menjadi korban pungli Starbuck. "Seperti biasa saya cek itu billing, eh ternyata tanpa ditawari kita kena charge donas," ungkapnya. 

Karena melihat ada yang aneh dalam struk transaksi "kopi mahal" itu, Juhani Wati pun mendatangi kasir Starbuck dan menanyakan soal pungli itu. "Saya tanya, apa ini harus. Kata kasir, ini sudah ketentuan management," tambah Juhani. 

Mendengar jawaban kasir yang tidak memuaskan itu. Wanita ini pun terus bertanya, donasi untuk apa?

"Kata kasir, untuk yayasan orang orang miskin. Saya tanya, kenapa anda tidak tawarkan ke customer mengenai donasi ini? Kan ini sifatnya sumbangan, harusnya ditawarkan," paparnya. 

Ternyata, petugas kasir tidak mau kalah. Dengan nada ngotot dia mengatakan, bahwa pungli itu sudah menjadi keputusan manajemen. Tak mau kalah, sebagai korban Juhani pun bertanya lagi, kalau saya tidak mau?

Di sinilah, kasir penjual kopi mahal itu kebingungan. Sampai akhirnya, manajemen Stabuck mendatangi Juharni dan mengembalikan uang Rp1.000. 

Editor: Dardani