Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Imigran Penghuni Shelter Imigrasi Batam Diberi Vaksin Gratis
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 17-03-2016 | 16:46 WIB
vaksin-imigran.jpg Honda-Batam
Pemberian vaksi TBC dan Polio bagi imigran penghuni shelter Imigrasi Kelas I Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam bekerja sama dengan Provinsi Kepri, Rumah Zakat, Imigrasi Batam dan instansi terkait, melakukan sosialisasi pemberian vaksin TB dan Polio, di Shelter Imigrasi kelas I Batam di Sekupang.

Sebanyak 62 orang imigran baik dari orang dewasa, maupun anak-anak mulai warga negara Afghanistan, Iran, Irak dan Palestina, yang tinggal di shelter tersebut diberikan vaksin secara gratis.

"Semua kita beri, baik orangtuanya dan anaknya. Karena mereka termasuk dari Asia Tengah berada di Batam jadi kita berikan vaksin TB sekalian Polio," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan ( P2PL) Dinas Kesehatan Batam, Sri Rupiati, Kamis (17/3/2016).

Pemberian vaksin TB untuk mencengah mereka dari penyakit yang umumnya sering terjadi. Karena mereka adalah pencari suaka yang harus diperiksa apabila dikembalikan ke negaranya.

"Tingginya angka penderita Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular pada umumnya. Kalau tak sehat dikembalikan lagi di sini, jadi beban kan," ujarnya.

Selain vaksin TB, polio juga diberikan juga pada sejumlah anak-anak karena di negara mereka tidak pernah melakukan hal tersebut.

Sementara itu, Muhammad Namir, warga Palestina sudah setahun tinggal di shelter ini mengucapkan terimakasih karena mereka diperhatikan walaupun bukan warga negara Indonesia.

Menurut Namir, karena di negaranya tidak ada pemberian seperti vaksin TB dan Polio. Sehingga mereka tahu bertapa pentingnya pemberian vaksin untuk kekebalan tubuh.

"Terimah kasih, kami semua imigran diajak imunisasi Polio dan TB. Meskipun tempat tinggal saat ini bukan d inegara saya, " kata dia.

Editor: Dodo