Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Suami Gemar 'Jajan', Ibu Rumah Tangga di Karimun Terserang HIV
Oleh : Nursali
Selasa | 15-03-2016 | 09:39 WIB
Kepala_Bidang_Penanggulangan_Penyakit_Menular_(P2M)_Dinas_Kesehatan_Kabupaten_Karimun,_Rahmadi.jpg Honda-Batam
Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rahmadi. (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebanyak 50 persen pasien penderita HIV/AIDS di Kabupaten Karimun adalah ibu rumah tangga. Demikian ungkap Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rahmadi, Senin (14/3/2016).

“Hingga 2015 sebanyak 1127 pasien penderita HIV. Data ini secara kumulatif, yang paling banyak ditemukan pada tahun 2015. Persentase penderita HIV 50 persen diderita oleh ibu rumah tangga,” ujar Rahmadi kepada wartawan di ruang kerjanya.

Sedangkan untuk pasien penderita HIV yang berasal dari kalangan wanita seks komersial justru relatif sedikit. Ia menambahkan pasien penderita virus tersebut disebabkan oleh prilaku tidak terpuji yang dilakukan oleh para suami.

“Ini akibat ‘jajan sembarangan’. Setelah terjangkit virus tersebut, ia kembali menularkannya kepada istrinya lewat hubungan suami istri di rumah,” katanya lagi.

Ia menambahkan penyebab penularan penyakit tersebut justru lebih besar melalui hubungan seks jika dibandingkan dengan penggunaan jarum suntik secara bergantian yang sering diderita oleh para pengguna narkoba.

“Penyebabnya sebagian besar yang terjadi di Karimun adalah hubungan seks. Kalau kasus narkoba melalui jarum suntik relatif kecil,” tambah.

Tak hanya ibu rumah tangga, pihaknya juga menemukan anak-anak yang menjadi korban penularan virus tersebut. “Kalau untuk anak 2 sampai 5 persen setiap tahunnya,” pungkasnya.

Editor: Dardani