Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga LSM Geruduk DPRD dan Pemkab Karimun Tuntut Transparansi BUP
Oleh : Nursali
Senin | 14-03-2016 | 13:29 WIB

BATAMTODAY.COM, Karimun - Tiga Lembaga Swadaya Masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Peduli Karimun (APK), Baran Bersatu, dan Laskar Merah Putih menggeruduk Kantor Bupati Karimun untuk meminta klarifikasi atas kasus Badan Usaha Kepelabuhanan (BUP) yang selama ini dianggap tidak transparansi dalam menangani kasus tersebut atas tudingan korupsi yang menyebabkan kerugian uang negara.

"Atas dasar itulah kita mau jumpai Pak Bupati, dan Pak Sekda untuk meminta klarifikasi atas kasus ini. Kalau rugi katakan berapa ruginya, nah kalau untung berapa keuntungannya. Jangan buat masyarakat menjadi bingung atas masalah ini," kata Sekretaris Laskar Merah Putih Kabupaten Karimun, Jupri Aljailani kepada BATAMTODAY.COM di Kantor Bupati Karimun, Senin (14/3/2016).

Ia yang didampingi oleh koordinator Aliansi Karimun Bersatu, Delson dan Wakil Ketua Baran Bersatu, Ifan mengatakan sejauh ini pemerintah daerah tidak transparansi dalam meyikapi kasus yang terus bergulir ini. Terlebih dalam menyampaikan hasil pendapatan daerah dari berbagai sektor.

"Khusus untuk BUP ini kita mendesak pemerintah daerah untuk transparansi dalam menjelaskan pendapatan daerah sejak berdirinya BUP. Nah, kalau dari BUP sendiri mengaku telah menyetor uang sebesar Rp42 miliar ke Kas Daerah melalui Dinas Pendapatan setempat," katanya lagi.

Mereka mengatakan, upaya untuk meminta klarifikasi ini telah kali kedua dilakukan, namun hingga kini mereka belum mendapatakan keterangan resmi dari pihak terkait.

"Belum pernah kita ketemu dengan mereka (Bupati/Sekda)," timpal Ifan.

Mereka pun berencana akan menemui anggota DPRD Karimun untuk konsultasi sekaligus meminta dimediasikan kepada pihak terkait atas kasus tersebut.

Editor: Dodo