Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pukul Beduk Secara Simbolis

Nizar Buka Pelaksanaan MTQ ke-7 Kecamatan Singkep
Oleh : Nur Jali
Minggu | 13-03-2016 | 13:02 WIB
IMG-20160312-01033.jpg Honda-Batam
Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar memukul beduk sebagai tanda simbolis pembukaan pelaksanaan MTQ ke-7 Kecamatan Lingkep. (Foto : BATAMTODAY.COM/Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep-Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar memukul beduk, sebagai bentuk simbolis dimulainya Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) ke-7 Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga. MTQ ke-7 Kecamatan Singkep tersebut, digelar di Dusun III Kebun Nyiur,  Desa Batu Berdaun, Singkep,  Sabtu (12/3/16) malam.

Nizar yang menjadi Ketua LPTQ Kabupaten Lingga ini menjelaskan,  kehadirannya pada kegiatan MTQ ke-7 Kecamatan Singkep untuk mewakili Bupati Lingga Alias Wello yang tidak bisa hadir, sekaligus memenuhi undangan pantia kepada dirinya selaku Ketua LPTQ.  ini.

"Kami sebagai pemerintah daerah,  tentunya mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh panitia dalam menyiarkan kegiatan MTQ ini menjadi lebih meriah lagi. Dengan  antuasias masyarakat yang hadir, kedepan hal ini akan kita tingkatkan lagi," kata Nizar.

Sementara itu, Kepala Desa Batu Berdaun yang juga ketua pelaksana MTQ ke-7 Kecamatan Singkep ini mengatakan, pelaksanaan MTQ rencananya akan dipindahkan ke Dabo. Namun, masyarakat menolak dan tetap menginginkan pelaksanaannya tetap digelar di DEsa Batu Berdaun karena memiliki nilai historis.  

"Awalnya ada wacana ingin di laksanakan di Kota Dabo, tapi kami bersama masyarakat dan panitia mampu meyakinkan LPTQ Kecamatan untuk menyelenggarakan kegiatan ini di Desa Batu berdaun," ungkapnya.

Ia mengatakan, rangkaian kegiatan MTQ ke-7 ini juga digelar  pawai ta'ruf  yang diikuti sekitar 700 pelajar di Singkep dari mulai jenjang SD, SMP hingga SMA.  

"Tema Kita meningkatkan gemar membaca dan menghayati Al- Qur'an menuju masyarakat yang agamis, religius dan berkhlak mulia," jelasnya.

Camat Singkep Kinsanjaya mengatakan,  meskipun jumlah desa di Singkep lebih sedikit dibandingkan kecamatan lainnya, namun jumlah  jumlah penduduk di Singkep adalah yang terbanyak dan terpadat di Kabupaten Lingga dari kembilan kecamatan yang ada.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pak wakil bupati yang telah hadir di Singkep. Ini peserta dari desa ita memang sedikit karena hanya ada 6 desa. Tapi kalau jumlah penduduknya kita paling ramai,dan paling banyak dari sembilan kecamatan yang ada. Jadi jadi wajar kegiatan di Singkep ini akan menjadi sorotan banyak kalangan," tandas Kinsanjaya.

Editor : Surya