Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

54 Persen Balita di Batam Sudah Diimunisasi Polio
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 11-03-2016 | 14:49 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Batam sudah mencapai 54 persen, sekitar 53 ribuan balita di Batam sudah dilakukan pemberian vaksin oleh tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam.

Kepala Dinkes Kota Batam, Chandra Rizal menyampaikan bahwa jumlah balita di Batam sendiri jumlahnya sekitar 99.333 ribu balita dan sampai hari ketiga pihaknya mendapatkan laporan 54 persen balita yang sudah diberi vaksin polio.

"Kita ingatkan lagi, bagi masyarakat terutama bagi yang memiliki anak usia 0-59 bulan untuk membawa anaknya ke pos-pos PIN terdekat. Sampai tanggal 15 nanti," kata Chandra Rizal, Jumat (11/3/2016).

Untuk mensukseskan program nasional tersebut pihaknya menurunkan tim supervisi. Tim tersebut terdiri dari lintas sektoral seperti Dinas Kesehatan, pos-pos pelayanan kesehatan, rumah sakit, ikatan tenaga kesehatan, camat, lurah, SKPD Kota Batam, hingga PKK.

Ia mengatakan saat supervisi, tim mengumpulkan beberapa data melalui wawancara serta melihat langsung kondisi di lapangan. Kondisi yang dipantau misalnya apakah Posyandunya buka, ada petugasnya atau tidak, apakah terpasang tanda pos pelayanan PIN Polio.

"Kemudian tim supervisi juga melihat juga ketersediaan fasilitas seperti vaccine carrier, plastik pembuangan limbah, dan sebagainya. Sampai ke tata cara pemberian vaksin hingga pengelolaan limbahnya," katanya.

Selain itu juga dikumpulkan data mengenai jumlah balita yang telah diberi vaksin di pos-pos yang dikunjungi. PIN Polio 2016 sendiri bertujuan mencegah anak-anak Indonesia tertular virus polio. Dengan imunisasi polio masyarakat akan mendapatkan kekebalan yang tinggi sehingga dapat mempertahankan status Indonesia Bebas Polio.

Editor: Dodo