Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hadiri Pekan Panutan Pajak, Apri Apresiasi Kinerja KPP Bintan
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 11-03-2016 | 11:20 WIB
kinerjaKPP.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan apresiasi kinerja KPP (Foto : Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM,  Bintan – Bupati Bintan Apri Sujadi menghadiri acara Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi dan Badan, Kamis (10/3/2016) di Aula Kantor Bupati Bintan.

Apri Sujadi sangat mengapresiasi atas apa yang sudah dilakukan pihak KPP Bintan karena tentunya kegiatan sosialisasi ini sangat penting bagi seluruh aparat Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan.

“Bahwa pegawai, pengusaha serta masyarakat dapat memahami aktivitas dan melakukan pembayaran pajaknya tepat waktu. Apalagi penerimaan pajak merupakan sektor penunjang dari pembangunan,” ujar Apri.

Selanjutnya, Apri Sujadi juga mengatakan, penerimaan pajak penghasilan juga akan lebih meningkat, dan melalui acara ini, Ia juga mengimbau kepada seluruh wajib pajak agar membayar pajak.

“Pembangunan daerah kita ini (Bintan) juga salah satunya dari sektor pajak, untuk itu mari membayar pajak,” imbaunya.

Apri Sujadi juga mengharapkan kerjasama KPP Bintan, dalam hal mengoptimalisasikan penerimaan pajak.

Sementara itu, Kepala KPP Bintan Muhammad Amin mengatakan, dalam rangka mewujudkan kemandiriaan pembiayaan pembangunan bangsa, peningkatan pelayanan dan kesejahteraan rakyat serta terciptanya Good Governance, maka perlu dilakukan upaya bersama untuk mencapai optimalisasi penerimaan pajak.

Muhammad Amin juga menjelaskan, Self Assesment memberikan amanah kepada wajib pajak, melaksanakan sendiri kewajiban perpajakan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Pekan panutan ini merupakan momentum penting, yang diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan sukarela wajib pajak, dalam memenuhi hak dan kewajiban perpajakannya,” ujar Muhammad Amin.

Selanjutnya, target penerimaan pajak secara nasional untuk tahun 2016 sebesar Rp1.360,13 triliun meliputi PPh Non Migas, PPN dan PPn BM, PBB dan Pajak Lainya Rp1.318,69 triliun dan PPh Migas Rp41,44 triliun.

“Target Kanwil DJP Riau dan Kepri sebesar Rp26,3 triliun, sedangkan untuk KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Pratama Bintan sebesar Rp425,28 miliar,” ujarnya.

Selain itu, Amin menjelaskan, kondisi perpajakan di KKP Bintan. Ia mengatakan, wilayah kerja KKP Bintan meliputi Kab Bintan dan Kab Lingga, dengan total PDRB tahun 2014 sebesar Rp17,22 triliun. Bila diasumsikan kontribusi sektor informal, sekitar 50 persen dengan tax ratio sebesar 11 persen dan target penerimaan pajak tahun 2016 sebesar Rp425,28 miliar. Maka masih ada potensi pajak yang bisa digali yaitu sekitar 522 miliar lagi.

Pantauan BATAMTODAY.COM, tutut hadir dalam acara tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan Lamen Sarihi, Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, Setda Bintan Lamidi, Kapolres Bintan dan jajaran FKPD Bintan, Asisten Bupati dan Staf ahli Bupati, Kepala SKPD, Kabag Setda Kab. Bintan, para pengusaha, undangan lainnya.

Editor : Udin