Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Serangan Udara AS Hantam Komandan ISIS di Suriah
Oleh : Redaksi
Kamis | 10-03-2016 | 10:02 WIB
shishani_social_media_isil_by_ap.jpg Honda-Batam
Omar Shishani dilaporkan termasuk dalam 12 militan yang tewas. (Foto: AP)

BATAMTODAY.COM, Suriah - Militer Amerika Serikat mengatakan serangan udaranya menyasar komandan kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS di Suriah.

Kajian awal menyebutkan Tarkhan Batirashvili -warga Georgia yang dikenal dengan Omar Shishani- kemungkinan termasuk dalam 12 militan yang tewas.

Bagaimanapun belum ada pengukuhan atas kematiannya dari ISIS maupun pendukungnya.

Serangan diluncurkan pada Jumat (04/03) di dekat kota Shaddadi, Suriah barat laut, ketika Shishani dilaporkan memperkuat kekuatan ISIS di sana.

Amerika Serikat menawarkan imbalan senilai Rp65 miliar untuk tertangkapnya Shishani, yang dinyatakan sebagai teroris global sejak September 2014.

Pernyataan dari Departemen Pertahanan AS menyebutkan mereka masih 'menganalisis hasil' dari operasi dengan sasaran Shishani.

Namun seorang pejabat senior yang tidak disebut namanya mengatakan kepada kantor berita AP bahwa kemungkinan komandan ISIS itu terbunuh.

Shishani dilaporkan memegang beberapa jabatan tinggi di ISIS, antara lain Menteri Perang dan bermarkas di Raqqa, yang mereka nyatakan sebagai ibu kota kekhalifahan ISIS. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani