Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Makan Beruang, Ular Piton Ini Dioperasi Darurat
Oleh : Redaksi
Jum'at | 04-03-2016 | 12:15 WIB
ular_piton_dioperasi_1.jpg Honda-Batam
ular piton saat dioperasi (sumber foto :

MENDENGAR kata piton pasti pikiran kita terlintas seekor ular yang sangat besar dan mematikan. Ya, ular asli Asia Tenggara ini memang pantas mendapatkan julukan sebagai ular besar dan mematikan.

Pasalnya, ular dengan ukuran besar mampu menelan utuh seekor sapi. Meskipun tidak berbisa, namun lilitan piton bis membunuh Anda dengan mudah dan meremukkan tulang saat mangsanya masih hidup.

Tetapi, ular ini juga bisa mengalami kesulitan saat mencerna makanannya. Bahkan ular piton bisa mati jika menelan mangsa yang salah seperti landak. Tetapi ular piton yang satu ini harus menjalani dioperasi, setelah ia menelan beruang.

Ular piton lapar ini terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Hewan, untuk menjalani operasi darurat setelah ia memutuskan menelan beruang, ya beruang yang satu ini adalah boneka beruang yang biasa dimainkan anak-anak.

Penangkap ular bernama Tony Harrison, terkejut setelah dipanggil sebuah keluarga di Gold Coast, ketika mereka mengatakan kepadanya, ada ular yang memakan mainan anjig mereka.

Piton ini pun langsung dibawa ke klinik hewan untuk melakukan X-ray, dan melihat apa yang ada di dalam perutnya.

"Mereka (keluarga) menyaksikan ular piton makan mainan anjing. Boneka beruang tidak bisa dicerna dan akhirnya mendekam di dalam usus ular, terjadi infeksi yang akhirnya ular akan mati," kata Tony Harrison

Kylie Barba, manajer klinik The Vet Lounge mengatakan, kejadian ini sangat jarang terjadi, namun ia memperlakukan piton ini sangat baik.

Setelah menjalani operasi, piton tersebut dijahit sekitar 15 jahitan, ia juga diberikan antibiotik dan diharapkan pulih dalam dua minggu ke depan sebelum dibebaskan lagi ke alam liar.

Sumber : Daily Mail Australia

Editor : Udin