Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyidikan Pembunuhan di Baloi Indah, Polisi Dalami Asal Pisau yang Digunakan Pelaku
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 03-03-2016 | 15:36 WIB
pembunuh-yuyun.jpg Honda-Batam
Yt alas Ts si pembunuh Yuyun dan yang melukai Manan. (Foto: Romi Candra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Proses penyidikan terhadap kasus pembunuhan yang dilakukan Yt (32), terhadap pacarnya sendiri, Yuyun Suminar (24), yang juga melukai adik korban --Maman Surahman (21), terus dilakukan Polsek Lubukbaja.


Pasalnya, keterangan antara pelaku dengan saksi terkait pisau yang digunakan untuk membunuh korban belum sinkron. Pelaku sendiri mengaku pisau tersebut ia ambil dari atas kulkas yang ada di rumah tempat Yuyun dihabisi.

Sementara menurut istri Maman, Tina, yang juga tinggal di rumah korban, kawasan Kampung Dalam, Kelurahan Baloi Indah, Blok C no 06, Lubukbaja, mengatakan tidak pernah melihat pisau itu sebelumnya.

Dengan kata lain, keterangan Tina mengarah bahwa pisau yang digunakan itu dibawa oleh pelaku, dan memang berniat membunuh korban.

"Kita perlu memastikan asal pisau ini. Keterangan pelaku dengan saksi berbeda," ujar Kapolsek Lubukbaja, Kompol I Dewa Nyoman ASN, Kamis (3/3/2016).

Ditambahkan Dewa, pihaknya saat ini tengah menunggu kondisi Maman pulih. Ia sudah menjalani operasi pada kemarin sore. "Kita menunggu kondisi Maman pulih agar bisa dimintai keterangan untuk memastikan lehih detail soal pisau itu," pungkas Dewa.

Sebelumnya, rumah di Kampung Dalam, Kelurahan Baloi Indah, Blok C no 06, Lubukbaja, diserang orang tidak dikenal (OTK). Belum diketahui motif pelaku, namun satu penghuni rumah tewas serta satu orang lainnya kritis dengan luka cukup parah di tubuhnya, Rabu (2/3/2016) subuh, sekitar pukul 04.45 WIB.


Keterangan yang didapat, korban tewas merupakan seorang wanita bernama Yuyun Suminar (24). Sementara yang sekarat adalah seorang pria bernama Maman Surahman (21), yang merupakan adik kandung Yuyun.

Rumah tersebut dihuni oleh tiga orang. Satu orang lainnya merupakan istri Maman, bernama Tina (20), dan tidak menjadi korban.

Korban sebelum meninggal, sempat berpesan kalau pelaku yng masuk ke rumahnya adalah seorang pria dengan ciri-ciri kurus dan berbadan kecil.

Berdasarkan pengakuan tersebut, jajaran Polsek Lubukbaja bersama Buser Polresta Barelang mengamankan satu orang yang sesuai dengan ciri-ciri disebutkan, berinisial Yt. Meskipun awalnya ia mengelak, namun setelah dilakukan interogasi cukup lama, akhirnya Yt mengakui perbuatannya.

Editor: Dodo